250 Bus dalam Asian Games 2018, Wujud Distribusi Jasa Kemenhub bagi Atlet

Penataan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta jelang Asian Games 2018. - Dok. PUPR
15 Mei 2018 16:37 WIB Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, sudah menyiapkan 250 bus demi kelancaran dan kenyamanan pergelaran acara olahraga Asian Games 2018,  sebagai bentuk distribusi jasa bagi para atlet yang bertanding.

"Kami menyiapkan tidak kurang dari 250 bus pariwisata, bus yang premium, termasuk pengemudinya, dan nanti akan kami serahkan kepada panitia INASGOC," ungkap Budi Setiyadi, Direktur Jenderal (Dirjen) Darat Kemenhub pada paparannya dalam acara diskusi Transportasi Asean Games On Time, On The Track, yang diselenggarakan oleh INASGOC dan Rakyat Merdeka, di Century Hotel Park, Senayan, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Saat ini proses 250 bus ini sudah ditandatangani kontraknya dan nanti akan di serahkan kepada panitia Asian Games untuk dimobilisasi.

Pendistribusian bus ini akan di bagi menjadi 3, 170 bus akan beroperasi di Jakarta, 30 bus di Jawa Barat dan 50 bus akan didistribusikan ke Palembang, Sumatera Selatan.

"Untuk bus yang di Jawa Barat ini akan kami susun dengan skema rute dan jadwal pertandingan dan banyaknya kontingen dari tiap negara," tambah Budi.

Untuk segi operasionalnya, termasuk seragam pengemudinya, Budi berharap panitia Asian Games akan memberikan pelatihan dan memberikan operasional yang tepat untuk para pengemudi tersebut.

Kemudian saat ini Kemenhub sedang membangung Area Traffic Control System (ATCS) di kota Palembang. Sehingga nantinya, dinas perhubungan Palembang akan mudah melihat bagaimana lalu lintas dari bandara ke venue pertandingan atau di sekitar kota. Dan ditargetkan selesai sebelum ajang Asian Games berlangsung.

"Selain itu di Palembang, sudah kami lakukan kontrak untuk 5 bus air, dan sekitar bulan Juni, sudah kita bangun di Batam. Untuk menjadi sarana transportasi dan mendukung palriwisata di sungai Musi selama kegiatan Asian Games di Palembang, menyangkut masalah SDM, pemerintah Palembang tinggal menyiapkan operator dan kami harapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal," tukas Budi.

Sumber : Bisnis Indonesia