Asian Games, Pengamanan Kerahkan 60.000 Personel Gabungan

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin - Antara/Puspa Perwitasari
03 Juni 2018 21:00 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, PALEMBANG—Personel gabungan TNI dan Polri sebanyak 60.000 personel akan mengamankan pelaksanaan Asian Games di Palembang dan DKI Jakarta pada 18 Agustus sampai 2 September 2018.

Wakil Kepala Polri Komjen Syafruddin menyatakan pihaknya telah menyiapkan pengamanan maksimal untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018 di kedua kota itu.

Pengamanan Asian Games dilakukan secara maksimal, ada 60.000 personel gabungan Polri dan TNI diturunkan selama kegiatan tersebut,” katanya saat meninjau kegiatan latihan di Gedung Olahraga Bowling Palembang, Minggu (3/6/2018).

Syafruddin yang juga menjabat Ketua Kontingen Asian Games Indonesia menjelaskan seluruh peserta akan mendapat pengaman maksimal, tidak ada satu pun negara peserta Asian Games yang mendapat perhatian pengaman khusus.

Menurutnya, semua peserta diperlakukan sama dalam kegiatan pengamanan. “Dari 46 negara yang menyatakan mengirimkan kontingen Asian Games semuanya diperlakukan pengamanan maksimal mulai dari kedatangan hingga saat kepulangan ke negara masing-masing,” ujarnya.

Untuk memberikan pengamanan kepada seluruh kontingen Asian Games, dia menjelaskan seluruh personel sejak beberapa bulan terakhir telah melakukan berbagai persiapan.

Puluhan ribu personel gabungan Polri dan TNI telah dipersiapkan dengan melakukan beberapa kali simulasi pengamanan atlet serta lokasi pertandingan.

Personel yang disiapkan untuk melakukan pengamanan, dilibatkan juga dari Polda dan Kodam terdekat dengan dua lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

Melalui persiapan maksimal, Dia mengharapkan dapat dicegah gangguan keamanan yang dapat mengancam keselamatan seluruh kontingen dan menghambat jalannya pelaksanaan Asian Games.

 

Sumber : Bisnis Indonesia