Tingkatkan Kapasitas Organisasi Fungsional, Profesional dan Prestasi, Asdep Tenor Kemenpora Gelar Pelatihan

Pelatihan Manajemen Olahraga dan Kapasitas Organisasi Olahraga Fungsional, Profesioanal dan Prestasi tingkat DIY di Hotel Ros In, Jogja, Kamis (7/6/2018) - Istimewa
07 Juni 2018 21:55 WIB Jumali Olahraga Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan (Tenor), Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Kemenpora RI Herman Chaniago berharap dalam lima tahun ke depan pengelolaan keolahragaan di Indonesia akan lebih tertata dan membaik.

Hal ini diungkapkan Herman usai menutup Pelatihan Manajemen Olahraga dan Kapasitas Organisasi Olahraga Fungsional, Profesioanal dan Prestasi tingkat DIY di Hotel Ros In, Jogja, Kamis (7/6/2018) petang.

"Jika ini mampu diterapkan, maka lima tahun ke depan akan tercapai. Oleh karena itu kami gelar acara ini di beberapa kota, selain di Jogja, ada sejumlah kota lainnya, seperti Jakarta dan Surabaya yang menjadi tempat digelarnya pelatihan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Herman menambahkan, pihaknya melihat sudah saatnya ilmu manajemen organisasi mulai diterapkan di masing-masing cabang olahraga. Sebab, belum diterapkannya ilmu ini membuat sejumlah cabang olahraga kerap kali mengalami permasalahan dalam pencarian dana. Alhasil, mereka mengandalkan dana dari pemerintah. "Padahal, jika mereka mampu menerapkan dengan baik, utamanya dalam pelaporan, masalah pencarian pendanaan dari pihak ketiga bisa mudah didapatkan," terangnya.

Sementara disinggung mengenai pihak yang mendapatkan pelatihan, Herman mengungkapkan, pelatihan tidak hanya melibatkan wasit, pelatih, namun juga menyangkut pelatihan manajemen prestasi. "Harapannya ke depan menjadi awal yang baik bagi berkembangnya keorganisasian keolahragaan di Indonesia” katanya.

Terpisah Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Daerah Istimewa Yogyakarta yang diwakili Eka Heru Prasetyo selaku Kasi Olahraga BPO Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga berharap, ke depan akan ada lagi kegiatan dari Kemenpora yang ditujukan kepada tenaga-tenaga keolahragaan di daerah.

"karena kegiatan seperti ini akan sangat bermanfaat bagi kemajuan dunia keolahragaan di daerah dan dapat menjadi motivasi bagi pelaku-pelaku keolahragaan daerah untuk selalu meningkatkan kapasitasnya " tutup Heru.