PRANCIS TERBUKA 2018: Juara Lagi, Nadal Tak Tertandingi di Roland Garros

Rafael Nadal - Reuters/Benoit Tessier
10 Juni 2018 23:25 WIB Budi Cahyana Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal, semakin meneguhkan statusnya sebagai Raja Tanah Liat. Nadal mengalahkan petenis Austria Dominic Thiem tiga set langsung 6-4, 6-3, 6-2, dalam final Prancis Terbuka, Minggu (10/6/2018).

Ini adalah titel ke-11 Nadal di lapangan tanah liat Roland Garros dan gelar ke-17 grand slam yang dia rengkuh. Nadal kini menyamai rekor Margaret Court yang mengoleksi 11 gelar satu dari empat grand slam. Margaret Court 11 kali menjadi juara tunggal putri Australia terbuka dari 1960 sampai 1973.

Sejauh ini, tak ada yang mampu menandingi petenis kelahiran Mallorca, Spanyol, tersebut. Tahun ini, dia sudah meraih tiga trofi di lapangan tanah liat, yakni di Monte Carlo, Barcelona dan Roma.

Di Roland Garros, Nadal adalah legenda. Sejak melakoni debut pada 2005, dia hanya kalag dua kali dari 87 laga. Sebagaimana dilansir BBC, tahun ini Nadal tidak kehilangan satu set pun dalam empat pertandingan awal. Dia kehilangan satu set saat menghadapi petenis Argentina Diego Schwartzman di perempat final. Nadal sudah mencatat rekor 37 set tanpa terkalahkan. Nadal hanya tertinggal dari Bjorn Borg yang mencatat 41 set tanpa terkalahkan.