Advertisement

GP Catalunya, Lorenzo Juara, Rossi Finis Ketiga

Ahmad Baihaqi
Minggu, 17 Juni 2018 - 20:01 WIB
Sugeng Pranyoto
GP Catalunya, Lorenzo Juara, Rossi Finis Ketiga Jorge Lorenzo (Reuters/Jon Nazca)

Advertisement

Harianjogja.com, BARCELONA - Moto GP Catalunya 2018 menjadi milik pembalap Ducati, Jorge Lorenzo. Dia mengungguli Marc Marquez dan Valentino Rossi yang finis di posisi kedua dan ketiga.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Catalunya, Minggu (17/6/2018) malam WIB, Marc Marquez langsung melesat di posisi pertama mengungguli Jorge Lorenzo. Lorenzo yang meraih pole position bahkan harus disalip pembalap Suzuki, Andrea Iannone. Marquez dan Iannone pun bersaing ketat memperebutkan posisi pertama di awal lomba.

Advertisement

Iannone yang mencoba menyalip Marquez justru melebar. Sejak saat itu, posisinya terus menurun. Sesaat setelah menyelesaikan lap pertama, Lorenzo mampu menikung Marquez untuk menjadi yang terdepan. Keduanya diikuti oleh Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi. Dani Pedrosa yang start dari posisi ke-11 mampu menduduki posisi kelima saat balapan memasuki putaran kelima.

Di putaran ini, jarak mulai melebar. Lorenzo unggul 0,4 detik dari Marquez dan 0,7 detik dari Dovizioso. Rossi yang berada di posisi keempat juga mulai ketinggalan dari rombongan terdepan. Dia terpaut 1,9 detik dari Lorenzo.

Pada putaran kedelapan, Dovizioso terjatuh. Pembalap Ducati itu mengalami crash pada tikungan kelima. Hal itu menguntungkan Rossi yang otomatis menduduki posisi ketiga. Namun, jarak Rossi dengan Lorenzo yang memimpin balapan sangat jauh mencapai 3,5 detik.

Setelah itu, Lorenzo semakin tak terkejar. Dia bahkan mulai meninggalkan Marc Marquez yang berada di posisi kedua. Jarak kedua pembalap itu mencapai 1 detik. Sementara dengan Rossi, Lorenzo unggul 5,1 detik.

Persaingan ketat justru terjadi di perebutan posisi keempat. Dani Pedrosa harus bersaing dengan dua pembalap di belakangnya yakni Danilo Petrucci dan Cal Crutchlow. Johann Zarco yang berada di posisi ketujuh juga tak jauh-jauh amat.

Lorenzo masih menduduki posisi pertama saat balapan masih menyisakan delapan lap lagi. Di belakangnya ada Marquez dan Rossi. Disusul kemudian Pedrosa di posisi keempat dan Crutchlow melengkapi posisi lima besar.

Lorenzo akhirnya menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis GP Catalunya 2018. Di posisi kedua ada Marquez yang diikuti oleh Rossi. Cal Crutchlow dan Dani Pedrosa melengkapi posisi lima besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : jibi/solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Madura United Vs PSS Tayang Malam Ini, Prediksi Susunan Pemain dan Link Streaming

Sepakbola
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement