Kejurnas BMX 2018 : Tampil Sempurna, Bagus Pertahankan Gelar Juara

Penampilan pembalap di ajang Kejurnas BMX 2018 - Icf.id
08 Juli 2018 21:55 WIB Jumali Olahraga Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Pembalap asal Nusa Tenggara Barat, I Gusti Bagus Saputra masih berhak mengenakan jersey Merah-Putih untuk satu tahun ke depan, usai menjuarai Kejuaraan Nasional BMX, yang berlangsung di Sirkuit Youth Center, Mlati, Sleman, Minggu (8/7/2018).

Bagus sempat kalah dari sesama atlet pelatnas, Rio Akbar, di semifinal. Tetapi,Bagus mampu menunjukkan mental juara dan membalas kekalahannya di final dengan mengalahkan Juara Asia 2018, Rio, dan juga Olimpian Tony Syarifudin.

“Saya senang sekali bisa mempertahankan gelar juara nasional di tahun 2018 ini. Hasil ini akan menjadi penambah motivsi untuk Asian Games 2018 nanti dan semoga saya bisa kembali menyumbang medali emas untuk Indonesia,” ujar Bagus, dikutip dari laman resmi PB ISSI, Minggu (8/7/2018).

Pada babak final, penyumbang medali emas untuk Kontingen Indonesia di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, ini tampil sempurna. Sejak start dia memimpin dan tak membuat kesalahan hingga menyentuh garis finis dengan catatan waktu 32,284 detik, diikuti Rio dengan waktu 32,773 detik, dan Firman Candra dengan selisih waktu 2,5 detik. Tony harus puas di urutan terakhir karena terjatuh.

Di kategori elit putri, Cupi Nopianti juga kembali muncul sebagai juara nasional meski sempat mengalamli insiden di berm pertama pada babak final. Sementara itu, Wiji Lestari menjuarai nomor junior putri.

Ketua Bidang Perlombaan PB ISSI, Parama Nugroho, berharap hasil di Kejuaraan Nasional BMX 2018 ini bisa menjadi tolok ukur pembinaan atlet nasional di tahun 2019, utamanya dengan banyaknya atlet yang turun di kelas challenge, yang diharapkan bisa menjadi generasi pelapis untuk para seniornya.

“Sesuai misi PB ISSI, kejuaraan nasional adalah agenda tahunan untuk merekrut bibit atlet nasional," kata Parama.

"Persaingan tahun ini sangat menarik dan harapan kami semakin banyak muncul bakat-bakat yang nantinya menjadi penerus atlet senior. Tahun ini karena berdekatan dengan penyelenggaraan Asian Games 2018 maka kejuaraan nasional juga sekaligus jadi kompetisi pemanasan,” lanjut Parama.

Setelah Kejuaraan Nasional BMX, PB ISSI juga akan menggelar kejuaraan nasional nomor jalan raya di Bantul, pada 14-15 Juli, disusul dengan Kejuaraan Nasional Mountain Bike di Karang Tengah Bike Park, 17-22 Juli, Kejuaraan Nasional Track di Jakarta International Velodrome, 24-28 Juli, dan ditutup dengan Kejuaraan Nasional Trial dan BMX Freestyle di BSD Xtreme Park, 27-28 Juli.