Menhub Yakin Waktu Tempuh ke Venue Asian Games 30 Menit

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan paparan pada Dialog Nasional Sinergi Membangun Bangsa di kampus UPI, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/8/2018). - JIBI/Rachman
09 Agustus 2018 18:43 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Asian Games sebentar lagi dimulai. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa waktu tempuh antara Wisma Atlet dan venue atau tempat acara dapat ditempuh di bawah persyaratan yang diminta panitia Asian Games atau kurang dari 30 menit.

"Kami memastikan jarak tempuh dari satu tempat ke tempat lain itu 30 menit atau kurang," kata Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Menhub pada hari ini juga melakukan uji coba simulasi perjalanan dari Wisma Atlet ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

TMII merupakan venue bagi cabang olahraga pencak silat. Hasil dari simulasi tersebut menghasilkan waktu sekitar 25 menit.

Budi Karya Sumadi, yang ditemui seusai simulasi menyatakan, prestasi waktu tempuh kurang dari 30 menit ini harus dipertahankan.

Sementara itu, Sekjen Komite Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) Eris Herryanto menyatakan bahwa transportasi merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam perhelatan ajang Asian Games, dan pihaknya berterima kasih atas dukungan Kemenhub.

"Dukungan dari Kemenhub sangat banyak di antaranya adalah pengaturan lalu lintas," katanya.

Ia menambahkan, dari 40 cabang olahraga ada sekitar 36 cabang yang disiarkan secara langsung,  sehingga mereka juga dituntut untuk membawa atlet tepat waktu ke lokasi pertandingan.

Sekjen Inasgoc juga memaparkan, diperkirakan dalam ajang Asian Games, akan ada atlet dan ofisial sekitar 17.000 orang yang sebagian besar menginap di Wisma Atlet Kemayoran.  Itu belum termasuk ada 7.000 media dari seluruh dunia yang akan meliput.

Sebelumnya, target mobilisasi atlet dalam simulasi Implementasi Kebijakan Transportasi Asian Games 2018 di Jakarta dinyatakan telah terpenuhi.

"Dari hasil simulasi, Jumat (20/7), target waktu tempuh mobilisasi dari Wisma Atlet ke enam arena dari Inasgoc berhasil terpenuhi," kata Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Nurhandono di Jakarta, Kamis (26/7).

Nurhandono menjelaskan, enam arena yang jadi sasaran simulasi terletak di Pondok Indah, Jakarta Selatan; Gor Bulungan, Jakarta Selatan; Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur; Gor POPKI Cibubur, Jakarta Timur; Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur; dan Pantai Ancol di Jakarta Utara.

"Dari hasil simulasi, waktu tempuh dari Wisma Atlet ke Pondok Indah dengan jarak 30 kilometer bisa dicapai dalam waktu 30 menit, kemudian Wisma Atlet ke Gor POPKI Cibubur waktu tempuh 31 menit dengan jarak 29,4 kilometer," kata Nurhandono.

Ia menambahkan, Wisma Atlet ke TMII juga dapat ditempuh dalam 25 menit, sementara target komite penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) 35 menit.

"Wisma Atlet ke Velodrome waktu tempuh 17 menit, asumsi (target)-nya 25 menit dengan jarak 8,8 km, kemudian Wisma Atlet ke Gor Bulungan dapat ditempuh dalam 21 menit," tambahnya.

Sumber : Antara