Rangkuman Pekan II Liga Belanda: PSV Menang Lagi, Ajax Bangkit

PSV Eindhoven - Twitter
19 Agustus 2018 17:10 WIB M. Syahran W. Lubis Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PSV meneruskan tren kemenangan di Eredivisie 2018/2019 dengan menundukkan tim promosi Fortuna Sittard dengan skor tipis 2-1 di kandang lawan, Sabtu (18/8/2018).

Walaupun berhasil membawa pulang tiga angka dari Stadion Fortuna Sittard pada pekan kedua, PSV tidak mendapatkannya dengan mudah dan baru mampu menghasilkan gol kemenangan menjelang laga usai.

Hirving Lozano membuka keunggulan PSV pada menit ke-33, tetapi tuan rumah berhasil melesakkan gol balasan lewat kontribusi Andrija Novakovich pada menit 61. PSV baru mendapatkan gol kemenangan pada menit ke-90 melalui Dante Rigo yang memaksimalkan assist Jorrit Hendrix. Hasil ini membuat PSV mengisi posisi teratas klasemen sementara dengan koleksi enam angka setelah pada pekan pertama melumat Utrecht empat gol tanpa balas.

Di laga lainnya, Ajax Amsterdam bangkit dengan memetik kemenangan 1 – 0 di kandang VVV Venlo, Stadion De Koel, berkat gol semata wayang Dusan Tadic dari titik penalti ketika laga bersisa tiga menit. Pada pekan pertama, Ajax dipaksa imbang 1 – 1 di Amsterdam Arena ketika menjamu tamunya dari Almelo, Heracles.

Sementara itu, Groningen memulai Eredivisie dengan perolehan hasil yang sungguh buruk. Setelah dihajar Vitesse Arnhem dengan skor telak pada pekan pertama, dalam pertandingan pekan kedua, Groningen kembali takluk, kali ini dari tim yang musim lalu finis di papan bawah, Willem II Tilburg, dengan skor tipis 0 – 1.

Parahnya, kekalahan Groningen, peringkat 12 musim lalu alias slot terbawah papan tengah, dari Willem II yang persis satu setrip di bawahnya alias peringkat 13, kali ini terjadi di kandang sendiri, Stadion Hitachi Capital Mobility di Kota Groningen.

Satu-satunya gol yang meruntuhkan tuan rumah dalam pertandingan di hadapan sekitar 16.500 penonton itu dihasilkan oleh gelandang serang Inggris berusia 21 tahun, Daniel Crowley, pada menit ke-33 setelah memaksimalkan assist Atakan Akkaynak, yang berpaspor Jerman tetapi berdarah Turki. Dengan hasil itu, Groningen mendekam di dasar klasemen Eredivisie yang diikuti 18 kontestan, sedangkan Willem II di posisi kedelapan dengan nilai 3 setelah dalam perdana mereka juga menelan kekalahan yakni dari 0 – 1 ketika menjamu VVV Venlo.

Hasil pekan kedua

Groningen 0 vs Willem II Tilburg 1; NAC Breda 3 vs De Graafschap 0; VVV Venlo 0 vs Ajax Amsterdam 1; Fortuna Sittard 1 vs PSV Eindhoven 2; Heracles Almelo 4 vs ADO Den Haag 2.

Jadwal berikutnya (dalam WIB)

Minggu, 19 Agustus
17:15 Utrecht vs PEC Zwolle
19:30 Feyenoord Rotterdam vs Excelsior
19:30 Emmen vs AZ Alkmaar
21:45 SC Heerenveen vs Vitesse Arnhem

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia