Advertisement

Mensos Optimistis Indonesia Dipandang Layak untuk Kaum Disabilitas

Ni Putu Eka Wiratmini
Minggu, 16 September 2018 - 16:15 WIB
Sugeng Pranyoto
Mensos Optimistis Indonesia Dipandang Layak untuk Kaum Disabilitas  Petinju Daud Jordan dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati membawa api obor Asian Para Games 2018. /JIBI/BISNIS - Ni Putu Eka Wiratmini

Advertisement

Harianjogja.com, DENPASAR – Indonesia bakal menjadi tuan rumah Asian Para Games. Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis pandangan dunia mengenai kualitas layanan kaum disabilitas di Indonesia akan semakin baik pasca-gelaran Asian Para Games 2018.

Menurut Agus, dalam gelaran Asian Para Games 2018 yang diadakan 6-13 Oktober 2018, sejumlah fasilitas dan layanan untuk atlet disabilitas telah ditingkatkan. Beberapa infrastruktur, sarana, venue, dan gedung dipastikan layak digunakan dan mendukung aktivitas kaum disabilitas.

Advertisement

Selain itu, pihaknya juga menyediakan relawan yang akan menunjang kebutuhan atlet selama acara. Dia meyakini dengan segala macam persiapan ini, Indonesia akan dipandang layak untuk ditinggali kaum disabilitas. 

Adapun ada sebanyak 41 negara dengan 5.000 atlet dan official yang akan ikut serta dalam gelaran ini.

“Kalau kita bisa menyelenggarakan event Asian Para Games 2018 sebaik-baiknya, maka dunia internasional akan melihat kita sebagai negara yang punya standar yang bagus untuk ramah disabilitas,” katanya, Minggu (16/9/2018) dalam gelaran pawai obor Asian Para Games 2018 di Denpasar, Bali.

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari mengatakan, selama penyelenggaraan Pawai Obor, Denpasar menjadi kota dengan sambutan paling meriah.

Dia pun meyakini, Denpasar sebagai kota keempat penyelenggaran Pawai Obor Asian Games 2018 akan mampu menunjukkan ke dunia bahwa Indonesia memiliki perubahan besar dalam kepedulian terhadap kaum disabilitas.

“Kami melihat dan mendengar support negara Asia dan dunia yang menyatakan bahwa Indonesia setelah Asian Para Games 2018 pasti mengalami perunahan besar pada kaum disabilitas, dan geloranya kami mulai dari lapangan [Bajra Sandhi, Renon] ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/BisnisIndonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement