285 Atlet Bertanding dalam Superliga Junior 2018 di Magelang

Konferensi pers Blibli.com Superliga Junior 2018 di Hotel Artos Magelang, Senin (15/10/2018). - Ist/ Dok panitia
15 Oktober 2018 21:17 WIB Nina Atmasari Olahraga Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Sebanyak 285 atlet dari 13 klub bulutangkis terbaik siap bertanding untuk memperebutkan piala bergengsi dari dua kategori usia yaitu U17 dan U19 baik putra maupun putri dalam ajang Blibli.com Superliga Junior 2018.

Turnamen ini akan digelar di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah pada 16-21 Oktober 2018. Sistem yang digunakan yakni format kejuaraan Thomas Cup dan Uber Cup. Setiap tim terdiri 10 pemain putra dan 10 pemain putri. Turnamen ini memfasilitasi para pemain muda klub sebelum mereka bertanding di tingkat Superliga Badminton.

Pada kategori U19 yang diperebutkan adalah Piala Liem Swie King untuk U19 putra dan Piala Susi Susanti untuk U19 putri. Perubahan nama piala terjadi di kategori U17. Jika pada tahun sebelumnya piala yang diperebutkan ialah Piala Superliga Junior, tahun ini penyelenggara mengabadikan nama Hariyanto Arby sebagai piala untuk U17 putra dan Yuni Kartika untuk U17 putri.

Ketua Panitia Pelaksana, Lius Pongoh mengatakan diselenggarakannya turnamen Blibli.com Superliga 2018 akan menjadi salah satu wahana pengasahan kemampuan atlet muda.

"Dalam pertandingan beregu, pemain harus mampu menahan ego serta mengasah solidaritas antar timnya untuk memenangkan pertandingan," jelas Lius, dalam konferensi pers di Hotel Artos Magelang, Senin (15/10/2018).

Menariknya, persaingan ketat semakin terasa dari hadirnya kembali klub-klub dari mancanegara. Di kategori U19, klub-klub yang menurunkan atlet muda terbaiknya adalah PB Djarum, Mutiara Cardinal, Exist Badminton Club, Jaya Raya, FIFA Sidoarjo, Keelung High School (China Taipei), Granular (Thailand), SCG (Thailand) dan Badminton Association of India (India).

Sedangkan pada kategori U17, terdapat delapan klub yang akan bertanding yakni PB Djarum, Mutiara Cardinal, Exixt Badminton Club, Jaya Raya, Sarwendah Badminton Club, Daihatsu Candra WIjaya Badminton Club, SGS PLN dan Suryanaga Wima.

Ketua Umum PP PBSI Wiranto menyambut baik diselenggarakannya acara ini, karena menjadi upaya mengasah mental para pebulutangkis muda Indonesia. "Menjadi atlet bulu tangkis tidak bisa instan, Liem Swie King dan Susy Susanti juga harus berjuang dari kecil sampai akhirnya bisa menjadi juara di pentas bulu tangkis dunia," katanya dalam keterangan tertulisnya.

Turnamen ini menjanjikan total hadiah sebesar Rp610 juta. Di kategori U19 masing-masing kategori mendapatkan hadiah juara I Rp100 juta, juara II Rp50 juta dan juara III Rp25 juta. Adapun U17 untuk masing-masing kategori, juara I Rp50 juta, Juara II Rp25 juta dan juara III Rp15 juta.

Manajer tim PB Djarum, Fung Permadi berharap pencapaian tahun ini bisa menyamai target tahun lalu, dengan mampu mengirim semua wakil ke partai final.

"Memang peluang besar untuk bisa meraih piala lagi ada di sektor U19 putra, namun karena ada tim-tim baru dari luar negeri, jadi kami juga belum mengetahui secara pasti peta kekuatan mereka," katanya.