Advertisement

55 Kuda Ikuti Piala Raja HB X

Jumali
Senin, 12 November 2018 - 23:48 WIB
Sugeng Pranyoto
55 Kuda Ikuti Piala Raja HB X Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta menyerahkan piala kepada pemenang pacuan kuda Piala Raja HB X, Minggu (11/11). - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat bersama Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Bantul dan Dinas Pariwisata DIY menggelar Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Istimewa-X Jogja Derby 2018. Acara digelar di sirkuit pacuan kuda Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu (11/11).
Kegiatan tahunan itu diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti Madura, Sumatra Barat, Kalsel, Kalbar, Jakarta, DIY, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, NTB, dan yang lainnya. Jumlah total 155 kuda dengan 22 kelas perlombaan. Sementara kelas bergengsi yakni kelas terbuka menempuh jarak 2.000 meter dan kelas jogja derby menempuh jarak 1.400 meter.
Acara dibuka secara resmi oleh GKR Hemas. Dalam sambutannya, permaisuri Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu berharap perlombaan pacuan kuda Piala Raja HB X akan menjadi daya tarik wisata dan menjadi moment untuk meningkatkan pariwisata di DIY.
Adapun, Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta, mengatakan pacuan kuda kali ini merupakan penyelengaraan yang ke-10.
“Perlombaan pacuan kuda merupakan agenda tahunan dari Dinas Pariwisata DIY dalam mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai lokal budaya melalui olahraga pacuan kuda sebagai akses budaya daerah. Kegiatan ini juga dinilai mampu melahirkan joki-joki muda berbakat di Indonesia,” ujar Aris Riyanta.
Menurut Aris, acara ini menjadi salah satu wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara sekaligus dapat mendorong lama tinggal wisatawan di DIY.
Aris berharap perlombaan pacuan kuda piala raja ini akan membawa manfaat yang berkesinambungan dan berdampak positif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik luar daerah maupun manca negara untuk datang ke Jogja.
“Ke depannya kegiatan ini akan diselenggarakan kembali dengan melibatkan berbagai pihak sehingga menimbulkan integrasi berbagai stakeholder yang ada.”
Harsoyo, salah satu panitia mengungkapkan acara perlombaan pacuan kuda Piala Raja HB X kali ini sangat bergengsi karena disamping memperebutkan piala raja juga memperebutkan piala Jogja Derby 2018 yang diikuti 12 ekor kuda. Sedangkan delapan ekor kuda mengikuti kejuaraan piala raja.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PSS Sleman vs Dewa United: Super Elja Targetkan Menang untuk Menjauh dari Zona Degradasi

Sepakbola
| Jum'at, 19 April 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement