Advertisement

Siswa SMAN Juara Karate di Belgia

Moh Khodiq Duhri
Selasa, 20 November 2018 - 22:45 WIB
Sugeng Pranyoto
Siswa SMAN Juara Karate di Belgia Rizal Eka Wikanda, 16, berada di podium I seusai menjuarai 3rd Edition of International Karate Open De La Province De Liege di Belgia, Minggu (18/11 - 2018). (istimewa)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO -Prestasi gemilang diukir Rizal Eka Wikanda sukses menjadi juara di ajang 3rd Edition of International Karate Open De La Province De Liege di Belgia, Sabtu-Minggu (17-18/11/2018). Siswa SMAN 6 Solo itu sempat kesulitan adaptasi cuaca dingin di Belgia.

Turun di kelas kumite -68 kg, karateka 16 tahun asal Kota Solo itu lolos ke babak final seusai mengalahkan wakil Prancis, Belgia dan Italia. Di babak final, Rizal kembali bersua wakil tuan rumah Belgia. Rizal sempat tertinggal 0-1 dan kemudian mengalami cedera. Beruntung, dia bisa membalikkan kedudukan menjadi 4-2 setelahnya.

Advertisement

Sebelum bertandingan, Rizal ternyata sempat kesulitan beradaptasi dengan dinginnya suhu udara di Belgia. "Di sana rata-rata bersuhu 2-3 derajat. Tapi sempat 0 derajat. Tapi, saya punya tekad kuat untuk meraih prestasi sehingga mau tidak mau harus berjibaku dengan suhu udara di sini," papar Rizal saat dihubungi Solopos.com, Selasa (20/11/2018).

Rizal merupakan anak tunggal dari pasangan wawan Wikanda dan Rahayu Juniarti. Ini adalah kali keempat pelajar asal Nusukan itu mewakili Indonesia di kejuaraan karate internasional. Sebelumnya, Rizal sempat mengikuti kejuaraan internasional di Semarang, Thailand dan Spanyol.

"Di Thailand saya meraih emas. Di Spanyol saya hanya mampu menembus perempatfinal. Mudah-mudahan ke depan saya masih bertahan di pelatnas dan bisa turun di kejuaraan karate level senior," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Francesco Acerbi Dikeluarkan dari Timas Italia Terkait Dugaan Rasis

Sepakbola
| Selasa, 19 Maret 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement