Zheng/Huang Diprediksi Juara Ganda Campuran World Tour Finals 2018

Ganda campuran China, Zheng Siwei-Huang Yaqiong - Facebook BWF
07 Desember 2018 15:49 WIB Samdysara Saragih Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Zheng Siwei/Huang Yaqiong, ganda campuran nomor satu dunia asal China dinilai memiliki peluang paling besar untuk menjuarai BWF World Tour Finals 2018.

Legenda bulu tangkis asal Inggris, Gillian Margaret Clark, merasa takjub dengan dominasi Zheng/Huang sepanjang 2018. Buktinya, lima gelar turnamen BWF World Tour Super 750 berhasil digenggam oleh pasangan nomor satu dunia itu.

Padahal, tambah Clark, sempat ada keraguan terhadap Zheng/Huang ketika takluk di final Malaysia Masters dan All England 2018. Hanya Indonesia Masters 2018 yang berhasil dijuarai pada tiga turnamen awal tahun yang diikuti.

Pelan tapi pasti, keraguan itu bisa dijawab. Zheng/Huang membuktikan sebagai ganda campuran terbaik di dua turnamen besar, BWF World Championships dan Asian Games 2018.

Clark berpandangan kekuatan Zheng/Huang terletak pada perpaduan keunggulan masing-masing pemain. Menurutnya, Zheng memiliki gaya bermain menyerang dan kecepatan. Adapun, Huang unggul di kecepatan, kegesitan, dan kemampuan membaca permainan sehingga mampu mendominasi area depan net.

“Saya percaya perpaduan ini akan membuat mereka satu tingkat di atas lawan mereka di turnamen (BWF World Tour Finals 2018),” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Kamis (6/12/2018).

Zheng/Huang telah mejadi ganda campuran nomor satu dunia sejak 9 Agustus 2018 sampai pekan ke-48 ini. Keduanya juga pemuncak pemeringkatan kualifikasi menuju BWF World Tour Finals 2018 di Guangzhou, China, 12-16 Desember.

Capaian duo tersebut terbilang fantastis mengingat Zheng/Huang baru berpasangan sejak November 2017. Artinya, dibutuhkan kurang dari satu tahun sejak penampilan perdana di Macau Open 2017 sampai posisi nomor satu dunia direbut.

Baik Zheng maupun Huang sejatinya bukan pemain debutan. Sebelum bersama Huang, Zheng juga mencicipi posisi nomor satu dunia bersama Chen Qingchen.

Penampilan bak monster Zheng/Huang pun menjadi momok pemain-pemain ganda campuran negara lain. Salah satunya adalah ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, yang dikalahkan tiga kali dari empat pertemuan kedua pasangan.

Sumber : JIBI/BisnisIndonesia