Asian Formula Renault 2013 : Pembalap Perempuan Ini Ingin Naik Podium di Zhuhai

10 Juni 2013 21:25 WIB Redaksi Solopos Olahraga Share :

[caption id="attachment_414523" align="alignleft" width="150"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/10/asian-formula-renault-2013-pembalap-perempuan-ini-ingin-naik-podium-di-zhuhai-414522/alexandra-asmasoebrata" rel="attachment wp-att-414523">http://images.harianjogja.com/2013/06/Alexandra-Asmasoebrata-150x150.jpg" alt="" width="150" height="150" /> Alexandra_Asmasoebrata.com[/caption]

JAKARTA-Pebalap belia Indonesia Alexandra Asmasoebrata ingin bisa naik podium pada balapan Asian Formula Renault (AFR) putaran lima dan enam di Zhuhai, China, pada 14-16 Juni 2013.

"Dengan persiapan mobil yang lebih baik, tentu juga doa dari semua pihak, saya berharap dan optimistis bisa naik podium," kata Andra, sapaan akrab Alexandra Asmasoebrata kepada wartawan saat syukuran dan selamatan di Jakarta, Senin (10/6/2013).

Andra mengatakan, untuk menghadapi seri ini, dirinya terus berupaya menjaga ketahanan fisik dengan cara berlatih tinju agar kekuatan fisik dan tangannya bertambah.

Peraih penghargaan bintang jasa Parama Krida Pratama 2005 ini akan terbang ke Zhuhai pada Selasa (11/6).

Balapan akhir pekan nanti bagi Andra merupakan yang kedua yang diikuti tahun ini di Zhuhai.

Pada AFR putaran tiga dan empat sebelumnya, satu-satunya pebalap putri di ajang tersebut?hanya mencatat waktu terbaik keempat karena mesin kendaraannya belum dites dyno, atau uji mesin untuk mengetahui kelemahan sekaligus mencari setingan untuk meningkatkan kinerja.

Sementara itu Alex Asmasoebrata, ayahanda Andra selaku manajernya mengatakan, untuk mendukung penuh pebalap tersebut sudah dilakukan tes Dyno pada mesin kendaraan pada 7 Mei 2013. Dengan hasil, dyno test power meningkat dari 158HP menjadi 194,6HP.

"Dengan membawa bendera Alexandra Pertamina Racing Team untuk kedua kalinya tahun ini, yang didukung engine baru yang telah dites dyno, kami yakin Andra bisa naik podium," kata Alex.

Menurutnya, keberangkatan Andra pada kejuaraan nanti sangat istimewa karena beberapa pejabat dan tokoh olahraga akan turut serta menyaksikan langsung balapan. Mereka di antaranya adalah Ketua Umum KONI DKI Jakarta Winny Erwindia, Ketua Komisi VII DPR RI Soetan Bhaatugana dan perwakilan Pertamina selaku sponsor.

"Andra merupakan salah satu pebalap kebanggaan Indonesia. Tentu harus kita dukung. Saya juga ingin menyaksikan langssung, tapi ada agenda ke Sudan pada tanggal itu. Jika ke Sudan batal mungkin saya akan menyusul ke Zhuhai," kata Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Nanan Soekarna yang turut hadir pada acara selamatan itu