AFR Series 2013 : Tergelincir, Pembalap Perempuan Indonesia Ini Gagal Naik Podium di Zhuhai

16 Juni 2013 16:21 WIB Olahraga Share :

[caption id="attachment_416293" align="alignleft" width="150"]http://www.harianjogja.com/?attachment_id=416293" rel="attachment wp-att-416293">http://images.harianjogja.com/2013/06/Alexandra-150x150.jpg" alt="" width="150" height="150" /> Alexandra-Asmasoebrata.com[/caption]

ZHUHAI-Alexandra "Andra" Asmasoebrata" tergelincir pada seri enam "Pan Delta Super Racing Festival 2013 AFR Series" kelas internasional di Sirkuit Internasional Zhuhai, China, Minggu (16/6/2013), sehingga gagal naik podium seperti seri sebelumnya di tempat yang sama.

Pebalap wanita andalan Indonesia yang memperkuat Pertamina Racing Team (PS Racing) ini, saat tergelincir berada di posisi tiga untuk kelas internasional, atau berada di depan pebalap satu timnya yaitu Pete Olson.

Dengan kejadian tersebut, putri dari mantan pebalap nasional Alex Asmasoebrata ini hanya finis di urutan ketujuh, dan terpaut cukup jauh dengan pebalap tercepat dengan selisih waktu 00.49.159.

Pada seri enam ini, pebalap Jepang Shiqetomo Shimoni dari Buzz Racing yang gagal start pada seri lima di tempat yang sama, Sabtu (15/6), menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan 10 putaran yang harus dilalui.

Untuk posisi dua ditempati pemenang seri kelima yaitu Julio Acosta dari Champ Racing Team dengan selisih waktu 00.04.620 dibanding dengan pebalap yang finisi diurutan pertama.

"Saya tadi sedikit salah perhitungan saat akan over lap pebalap didepan. Dia berada ditengah dan saya memutuskan menyalip dari dalam. Tapi hasilnya masalah tergelincir," kata Andra usai perlombaan.

Menurut dia, selain menyalip dari dalam, lintasan licin juga menjadi sebab. Apalagi pada beberapa waktu sebelumnya lintasan sempat diguyur hujan. Kemungkinan banyak oli yang belum dibersihkan. Meski gagal podium dirinya bersyukur masih mampu menyelesaikan perlombaan.

"Cukup disayangkan hasil ini. Dia (Andra) start cukup bagus dan langsung menyodok kedepan. Tapi kejadian ini diluar dugaan," kata ayah Andra, Alex Asmasoebrata usai perlombaan usai.

Persaingan pada seri enam ini lebih ketat dibandingkan dengan seri sebelumnya. Shiqetomo Shimono tampil luar biasa sejak start. Pebalap asal Jepang ini terlihat dominan dan ungggul cukup jauh dengan pebalap dibelakangnya.

Andra yang merupakan wanita satu-satunya dalam balapan ini sebenarnya telah memberikan perlawanan yang sengit hingga lap 6. Hanya saja menjelang memasuki lap 7 tergelincir setelah sebelumnya saling tekan dengan Pete Olson.

"Saya sempat bareng dengan Andra tapi dia langsung keluar dari lintasan," kata rekan satu tim Andra, Pete Olsen yang pada balapan ini raih podium tiga.

Pada balapan seri lima "Pan Delta Super Racing Festival 2013 AFR Series" kelas Internasional di Sirkuit Internasional Zhuhai, China, Sabtu (15/6), Andra mampu naik podium ketiga. Untuk posisi pertama diraih Julo Acosta dan posisi dua direbut rekan satu timnya Pete Olson.