SEABA 2013 : Rastafari Perkirakan Thailand Bakal Jadi Lawan Berat

18 Juni 2013 20:20 WIB Redaksi Solopos Olahraga Share :

http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/18/seaba-2013-rastafaria-perkirakan-thailand-bakal-jadi-lawan-berat-417177/seaba" rel="attachment wp-att-417178">http://images.harianjogja.com/2013/06/SEABA-150x150.png" alt="" width="150" height="150" />

JAKARTA- Pelatih Dell Aspac Jakarta, Rastafari Horongbalang, memperkirakan Thailand bakal menjadi lawan berat bagi timnya yang mewakili Indonesia dalam kompetisi bola basket Kejuaraan SEABA ke-10 di Medan, 20-23 Juni 2013.

"Dari pengalaman di beberapa SEA Games sebelumnya, Thailand yang paling kuat dan perlu diwaspadai," kata pria yang akrab disapa Coach Fari tersebut di Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Meski demikian, Coach Fari, yang baru saja membawa Aspac menjuarai Liga Bola Basket Nasional (NBL) 2012-2013 tersebut, mengaku belum melihat kembali kekuatan lawan-lawan yang akan dihadapi dalam kejuaraan itu.

"Sejujurnya kami belum melihat kekuatan lawan-lawan, terlebih memang penunjukan mendadak dan berhimpitan dengan sisa musim 2012-2013," kata Coach Fari.

"Akan tetapi siapapun yang berangkat saya berharap bisa menjadi juara," ujar dia menambahkan.

Indonesia, yang diwakili Aspac akan berhadapan dengan tim nasional dari tiga negara anggota SEABA lain, yaitu Malaysia, Singapura dan Thailand.

Kala tampil di kejuaraan tersebut, Aspac juga dititipi oleh Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) tiga orang pemain anggota tim nasional bola basket Indonesia yaitu Kelly Purwanto, Ferdinand Damanik dan Bima Rizky Ardiansyah untuk mengenali karakter lawan guna mempersiapkan diri menghadapi SEA Games di Myanmar, Desember mendatang.

Selain tiga orang tersebut, Aspac akan membawa sejumlah pemain ke Medan, yaitu Xaverius Prawira, Oki Wira Sanjaya, Dirk Mathew Matio Gerungan, Handri Satrya Santosa, Rizky Effendi, Fandi Andika Ramadhani, Khalif Akbar, Wahyu Hidayat Jati dan Muhammad Ihsan Thoyib.

Sementara, Pringgo Regowo, yang merupakan Pemain Terbaik (MVP) NBL 2012-2013 tidak dibawa karena menderita cedera dan harus menjalani operasi dan perawatan. Di sisi lain, pemain muda berbakat yang menyabet tiga gelar individual dalam NBL 2012-2013, Andakara Prastawa Dhyaksa, juga diminta oleh PP Perbasi supaya tidak dibawa serta guna mengikuti pemusatan latihan bersama tim nasional di Jakarta.

Pada Kejuaraan SEABA ke-10, dari empat tim yang berlaga akan ditentukan dua negara peringkat satu dan dua untuk menjadi wakil wilayah Asia Tenggara di Kejuaraan FIBA ASIA ke-27 di Filipina pada 1-11 Agustus 2013 mendatang.

"Ini tugas negara, saya pasti akan berusaha sekuat tenaga, saya yakin anak-anak juga demikian kala bermain nanti," ujar pelatih Aspac, Rastafari Horongbalang.

Indonesia akan menjalani laga pertama Kejuaraan SEABA ke-10 dengan menghadapi tim nasional Malaysia di Gedung Olahraga Samudra, Medan, pada Jumat (20/6). Sementara laga pembuka kejuaraan tersebut mempertemukan Singapura melawan Thailand pada hari yang sama.