PACUAN KUDA PA CUP III : Digelar di Bantul, 21 Kelas Bakal Dipertandingkan

13 Mei 2015 21:19 WIB Olahraga Share :

Pacuan Kuda PA Cup III akan digelar di Bantul mempertandingkan 21 kelas

Harianjogja.com, BANTUL - Gelanggang Pacuan Kuda Sultan Agung Bantul kembali menghadirkan kompetisi berskala nasional. Kali ini agenda rutin Kejuaraan Nasional berlabel Pacuan Kuda Paku Alam Cup III bakal kembali digelar, Minggu (17/5/2015) mendatang.

Kejuaraan bakal lebih meriah dari even serupa sebelumnya karena jumlah kelas yang dipertandingkan bertambah, ada 21 kelas.

Ketua Panitia Lomba Hario Danardono Wijoyo mengungkapkan, kejuaraan tahun ini pihaknya melombakan 21 kelas pacuan yang akan diikuti kuda-kuda dari berbagai daerah di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan pelaksanaan tahun sebelumnya yang hanya melombakan 19 kelas.

Adapun 21 kelas yang akan dilombakan terdiri dari kelas A terbuka, kelas derby, kelas remaja, kelas perdana A/B, kelas perdana C/D, kelas pemula A/B, kelas pemula C/D, kelas A sprint, kelas B, kelas B sprint, kelas C, kelas C sprint, kelas D, kelas D sprint, kelas E, kelas F, kelas lokal A, kelas sandel A, kelas sandel B, kelas kuda mini A, kelas kuda mini B.

“Ini adalah komitmen kami Kadipaten Puro Paku Alaman dan Pengda Pordasi DIY untuk ikut memajukan olahraga berkuda, khususnya nomor pacuan. Dari pelaksanaan PA Cup pertama dan kedua kemarin, kami merasa hasilnya cukup suskses dan akan coba terus kami tingkatkan pelaksanaannya di tahun ini,” terang BPH Hario Danardono kepada wartawan, Selasa (12/5/2015).

Hadiah dalam kejuaraan itu pun cukup fantastis nominalnya. Dardono membeberkan, total hadiah mencapai angka Rp100 juta.

Dengan hadiah yang cukup besar tersebut, dirinya berharap bisa mendatangkan lebih dari 100 kuda dari berbagai daerah di Indonesia.

Efek positif dari hadiah menggiurkan itu pun sudah dapat dirasakan. Saat ini setidaknya sudah ada 70 kuda yang positif untuk ikut perlombaan.

Kuda-kuda yang bersiap ambil bagian ini berasal dari sejumlah daerah di Pulau Jawa seperti, Jakarta, Bandung, Semarang, Salatiga, Surabaya, Solo, hingga Malang.

Antusiasme peserta lantaran ajang PA Cup III ini bisa menjadi ajang pemanasan menuju Pra Pekan Olahraga Nasional (PON).

Jumlah peserta yang saat ini terdaftar kemungkinan besar terus meningkat karena pendaftaran masih terus dibuka hingga drawing sekaligus pengukuran kuda pada tanggal 14 Mei di lapangan pacuan kuda samping Stadion Sultan Agung.

“Banyaknya kuda yang mendaftar ini akan jadi pesaing utama bagi juara bertahan peraih Piala Paku Alam tahun lalu, Kuda X Trail G3 asal Bintang Madura Stable, Gresik, Jawa Timur,” tandasnya.