PRA-PON XXIX : Komposisi Atlet Resmi Diumumkan

Para atlet memulai lomba pada nomor lari 100 meter dalam Kejuaraan Atletik Jateng Open 2015 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/5/2015). Kejuaraan atletik digelar hingga Minggu (24/5/2015) mendatang itu sebagai ajang kualifikasi untuk menjaring atlet untuk berlaga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat - 2016 mendatang. (Reza Fitriyanto/JIBI - Solopos)
03 Juli 2015 00:20 WIB Olahraga Share :

Pra-PON XXIX untuk atlet yang menjalani program Puslatda sudah ditentukan,

Harianjogja.com, JOGJA—Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY resmi mengumumkan nama-nama atlet yang akan menjalani program pemusatan latihan daerah (Puslatda) Pra-PON dan PON. Pengumuman bersamaan dengan pelaksanaan buka puasa bersama KONI di Graha Bhakti Yasa, Selasa (30/6/2015) petang.

Adapun jumlah atlet yang akan mengikuti Puslatda tak ada perubahan, masih seperti rencana awal, yaitu 22 atlet. Hanya, ada sedikit perubahan terkait komposisi atlet di setiap kategori. Jumlah atlet dengan kategori unggulan berkurang. Penyusutannya tidak terlalu signifikan, dari 20 orang kini menjadi 19 orang.

“Kemudian unggulan dua ada 82 atlet dari semula hanya 80 orang. Sedangkan yang regular ada 127 atlet,” terang Wakil Ketua Umum I KONI DIY Mansur MS di sela-sela acara buka bersama.

Dia melanjutkan, dari 19 atlet yang tergabung dalam program Puslatda Pra PON dan PON, balap sepeda menjadi penyumbang atlet terbanyak yakni tujuh orang. Sedangkan cabor anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dan renang indah sama-sama menyumbang tiga atlet, panahan dua atlet, taekwondo satu atlet, wushu dua atlet dan voli pasir satu atlet.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum KONI DIY GBPH Prabukusumo mengaku siap untuk mendukung sepenuhnya program Puslatda Pra PON dan PON ini sehingga atlet-atlet DIY mampu meraih prestasi di level nasional. Mulai dari pendanaan uang saku hingga penambahan suplemen, asupan gizi hingga penambahan bantuan alat akan segera disiapkan.

“Untuk penyerahan peralatan latihan, kami sangat ingin memberikan secepat mungkin kepada atlet-atlet agar mereka saat tanding di Pra PON sudah berlatih memakai peralatan baru sehingga semangatnya tinggi. Target kemarin kami ingin selesaikan," paparnya.