OLIMPIADE 2016 : Virus Zika Ancam Olimpiade

logo olimpiade 2016 (ist)
01 Februari 2016 14:35 WIB Jumali Olahraga Share :

Olimpiade 2016 bakal dihelat di Rio De Janeiro, Brasil. Padahal di daerah tersebut saat ini sedang mengalami serangan virus Zika.

Harianjogja.com, RIO DE JANEIRO -- Olimpiade 2016 akan dihelat di Rio De Janeiro, Brasil terancam oleh keberadaan virus Zika. Hal ini terjadi setelah salah satu atlet tuan rumah, Silva diduga telah terjangkiti virus yang disebabkan gigitan nyamuk tersebut.

Laman Newsday dan AP , Senin (1/2/2016) melaporkan, atlet gulat asal Brasil ini sempat demam dan tak mau ambil risiko dengan memeriksakan diri ke tim medis.

Masifnya serangan nyamuk tersebut membuat sejumlah atlet yang mempersiapkan diri jelang Olimpiade melengkapi diri dengan lotion.

"Buat saya ini sangat mengkhawatirkan. Ini benar-benar jadi masalah besar dalam latihan dan pertandingan nantinya. Jika saya tidak menggunakan lotion anti-nyamuk. Sata sempat mengalami demam berdarah sampa dua kali, jadi saya sangat khawatir,"ungkap Silva.

Virus Zika berbeda dengan demam berdarah. Virus ini ditularkan ke manusia oleh nyamuk. Biasanya yang terjangkit virus ini akan merasakan sakit kepala, ruam di wajah, leher, lengan atas, mungkin juga menyebar ke telapak tangan dan kaki, demam dan nyeri punggung.