OLIMPIADE 2016 : Inilah Wanita Berhijab Pertama Amerika Serikat yang Tampil di Olimpiade

ibtihaj Muhammad (Pinterest)
04 Februari 2016 03:35 WIB Jumali Olahraga Share :

Olimpiade 2016 memberikan warna tersendiri bagi Ibtihaj Muhammad. Atlet putri asal Amerika Serikat akan mencatatkan diri sebagai wanita berhijab pertama yang tampil untuk negaranya di Olimpiade.

 
Harianjogja.com, NEW JERSEY — Atlet anggar asal Amerika Serikat, Ibtihaj Muhammad akan memecahkan rekor sejarah sebagai wanita pertama dari negara adidaya tersebut yang tampil mengenakan hijab di Olimpiade Rio de Janiero, Agustus mendatang.

Laman USA Today, Rabu (3/2/2016) melaporkan, atlet keturunan Afrika itu sukses meraih satu tiket ke Brasil usai meraih perunggu di kejuaraan Federasi Anggar Internasional (FIE) kelas sabel di Athena, Yunani, Minggu (31/1/2016).

"Saya ingin bersaing di Olimpiade bersama Amerika Serikat untuk membuktikan tidak ada yang bisa menghalangi semua orang meraih tujuannya. Bukan ras, agama, atau jenis kelamin," ujarnya.

Raihan hasil ini sekaligus memperpanjang rekor yang sebelumnya ditorehkan oleh Ibtihaj. Alumnus Universitas Duke ini sebelumnya menjadi wanita muslim pertama AS yang bersaing di cabang anggar dan sukses meraih dua medali perunggu dari tiga kali kejuaraan dunia tahun ini.