Advertisement

MASA DEPAN CABOR : Pencak Silat Jangan Sampai Terpinggirkan

Redaksi Solopos
Jum'at, 12 Februari 2016 - 08:35 WIB
Jumali
MASA DEPAN CABOR : Pencak Silat Jangan Sampai Terpinggirkan

Advertisement

Masa depan cabang olahraga pencak silat di Indonesia masih abu-abu. Ketua MPR, Zulkifli Hasan berharap agar pencak silat tidak terpinggirkan.

 

Advertisement

 
Harianjogja.com, JAKARTA — Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi tantangan tersendiri bagi kelestarian seni pencak silat, sebagai budaya asli Bangsa Indonesia, menurut Ketua MPR, Zulkifli Hasan.

Hal ini dia sampaikan saat menerima Panitia Munam Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Internasional 2016, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/2/2016), sesuai keterangan tertulis MPR. Dia menerima kehadiran tokoh silat Indonesia, Mayor Jenderal (Purnawirawan) Eddie M Nalapraya.

Hasan menilai, berbagai jenis seni beladiri dari luar negeri sudah demikian banyak masuk ke Indonesia, sehingga Indonesia harus berusaha mempertahankan pencak silatnya.

Cara yang bisa dilakukan misalnya melakukan pemasyarakatan secara gencar, melalui pendidikan. Dengan begitu, sambung dia, setiap anak memiliki kewajiban untuk belajar pencak silat.

"Jangan sampai kita kalah dengan Muang Thai. Mereka sudah banyak ditemukan di kota besar, sementara pencak silat malah terpinggirkan," kata Hasan.

Muang Thai alias Thailand yang dulu dikenal dengan nama Siam, memiliki beberapa jenis bela diri tradisional yang sudah sangat dikenal dunia, di antaranya muaythai dan thai boxing yang sama-sama memiliki kejuaraan internasional dengan atlet-atlet dari semua penjuru dunia.

Kehadiran Panitia Munam Terbuka kali ini untuk melaporkan rencana pelaksanaan kejuaaraan Pencak silat Piala. Kejuaaran yang akan dilaksanakan pada 11-13 November di Cibubur itu rencananya akan diikuti sebanyak 2.000 peserta, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement