MAKASSAR HALF MARATHON : Pelari Kenya Tampil Dominan

Para atlet memulai lomba pada nomor lari 100 meter dalam Kejuaraan Atletik Jateng Open 2015 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/5/2015). Kejuaraan atletik digelar hingga Minggu (24/5/2015) mendatang itu sebagai ajang kualifikasi untuk menjaring atlet untuk berlaga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat - 2016 mendatang. (Reza Fitriyanto/JIBI - Solopos)
15 Februari 2016 01:35 WIB Redaksi Solopos Olahraga Share :

Makassar Half Marathon menjadi pembuktian bagi pelari Kenya. Hal ini diperlihatkan dominasi pelari asal Kenya di perlombaan tersebut.

 
Harianjogja.com, MAKASSAR — Pelari asal Kenya kembali mendominasi ajang lomba lari Makassar Half Marathon di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (14/2/2016).

Ketua Panitia Makassar Half Marathon, Imran Djamaluddin di Makassar, Minggu mengatakan untuk posisi tiga teratas putra dan putri kategori 21K internasional, seluruhnya di tempati pelari asal negara Afrika tersebut.

"Untuk nomor 21K Umum kategori putri masing-masing diraih Pamela Chepchumba (1 jam 18 menit 55 detik), Gathingi Hannah Wabera (1 jam 20 menit 37 detik) dan Mika Jebet Chbokel 1 jam 21 menit 30 detik diposisi ketiga," jelasnya.

Sementara untuk nomor lari 21K umum kategori putra juga ditepati pelari Kenya yakni Stephen Chairchir (1 jam 4 menit 10 detik), Estphen Mungathia Nkubitu (1 jam 5 menit 18 detik) serta Joseph Mwangi Ngare dengan catatan waktu tercepat 1 jam 7 menit 52 detik.

Dengan hasil ini maka dipastikan wakil dari Kenya kembali tampil mendominasi dan sukses mengukuhkan statusnya sebagai juara umum.

Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan Makassar Half Marathon 2016 ini diikutisebanyak 2.501 peserta yang terdiri dari peserta asal Indonesia yakni sebanyak 2.470 peserta.

Selanjutnya Afganistan (dua orang), India (tiga orang), Kenya (14 orang), Malaysia (enam peserta) serta dari Australia, New Zealand, Japan, Mexico, Somalia dan Thailand masing-masing satu orang.

Rute juga tetap sama dengan pelaksanaan sebelumnya yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jl Bulusaraung, Jl Mesjid Raya, Urip Sumohardjo, depan SPN Batua, kembali ke Bawakaraeng, Jl Haji Bau, Jl Tanjung Bunga, Jl Penghibur, Jl Riburane, Jl Ahmad Yani, lalu kembali ke Jalan Jenderal Sudirman sebagai lokasi finish.