NBA : David Fizdale Tangani Grizzlies

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja - Dok)
31 Mei 2016 05:45 WIB Redaksi Solopos Olahraga Share :

NBA 2016/2017 menjadi pembuktian bagi David Fizdale. Pelatih debutan ini telah didapuk untuk menangani Memphis Grizzlies.

Harianjogja.com, MEMPHIS -- Tim bola basket Memphis Grizzlies lagi-lagi mengontrak seorang pelatih kepala debutan, David Fizdale, yang menurut General Manager Chris Wallace memiliki catatan yang baik selama bekerja di Miami Heat dan menjadi modal untuk memimpin timnya melanjutkan tren kesuksesan.

Pengumuman itu disampaikan oleh pihak klub pada Minggu (29/5/2016) waktu setempat dan Fizdale akan diperkenalkan sebagai pelatih kepala baru Grizzlies dalam sebuah konferensi pers pada Selasa (31/5/2016).

"Pencapaian David sepanjang karirnya, reputasi taktisnya yang kuat, kepemimpinannya dalam pengembangan pemain dan kemampuannya berkomunikasi serta membangun hubungan yang kuat dengan para pemain membuatnya sebagai sosok yang tepat untuk mendampingi Grizzlies di dalam dan di luar lapangan."

"Ini selaras dengan keinginan kami melangkah maju dan membangun kesuksesan berkelanjutan yang telah kami rasakan beberapa tahun terakhir," kata Wallace dalam pernyataan resmi.

Fizdale menghabiskan delapan tahun terakhir sebagai bagian tim kepelatihan Miami Heat dengan dua tahun terakhir menempati pos asisten pelatih kepala Erik Spoelstra.

Selama ini ia membantu persiapan pertandingan serta pengembangan pemain, dan Heat tercatat sebagai tim NBA dengan kemenangan terbanyak di laga playoff (70 kali) dan seri playoff (15 kali) selama masa Fizdale menjadi bagian tim kepelatihan di sana, selain juga ia sempat menukangi tim liga musim panas Heat pada 2010 dan 2012.

"Saya beruntung telah berkesempatan bekerja dengan sejumlah pelatih dan pemain terbaik di NBA dan saya siap untuk tantangan ini," kata Fizdale.

"Saya di sini bukan hanya untuk berkontribusi kepada tim yang telah membangun tradisi kemenangan, tetapi untuk membawa semua kemenangan itu dan menghadirkan parade juara pertama bagi orang-orang Memphis yang luar biasa di jalanan Beale Street," ujarnya menambahkan.

Fizdale mewarisi tim yang saat ini menduduki tempat ketiga dalam rekor penampilan seri purnamusim NBA dengan enam musim beruntun di bawah San Antonio Spurs (19) dan Atlanta Hawks (9), namun center andalannya Marc Gasol masih memulihkan diri dari patah kaki yang membuatnya menutup musim lebih awal pada Februari sedangkan point guard Mike Conley akan habis masa kontraknya pada Juli.

Sebelum bergabung dengan Heat, Fizdale memulai karir kepelatihannya untuk tim almamaternya Universitas San Diego selama 1998-2002 kemudian menjadi asisten pelatih kepala Golden State Warriors pada 2003-2004 dan Hawks selama 2004-2008.

Fizdale menggantikan posisi Dave Jorger yang dipecat pada 7 Mei 2016 setelah menghabiskan tiga musim serta mengantarkan tim babak playoff tiga kali dan segera ditunjuk sebagai pelatih kepala Sacramento Kings.