PEPARNAS 2016 : Ini Target DIY di Peparnas

Peparnas 2016 (Pon/peparnasjabar2016)
10 Oktober 2016 15:35 WIB Nina Atmasari Olahraga Share :

Peparnas 2016 mulai dibuka pekan depan.

Harianjogja.com, JOGJA — Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan 36 medali dalam Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) di Jawa Barat, pekan depan.

Ketua Biro Olahraga NPC DIJ, Rumpis Agus Sudarko, menyebutkan dari 36 medali tersebut dirinci 20 medali emas, 7 perak dan 12 perunggu.

Rincian dari cabang olahraga (cabor) terdiri angkat berat 1 emas 2 perunggu, atletik 3 emas, voli duduk 2 perunggu, badminton 2 emas 2 perak 2 perunggu, catur 2 emas, panahan lima emas, tenis lapangan 3 emas 2 perak 3 perunggu, tenis meja 3 emas 3 perak 3 perunggu. "Ada cabang olahraga baru ikut, gallball, kita berusaha untuk mendapatkan 1 emas," katanya, beberapa waktu lalu.

Pada cabang renang, Rumpis mengakui atletnya masih tahap partisipasi. Semua angka target itu, telah mempertimbangkan pencapaian pada Peparnas 2012 di Riau yang berhasil meraih 10 medali emas.

Sebagai persiapan, ia sudah mengumpulkan para pelatih dan pengurus tiap cabor. Hasilnya, ia memastikan semua atlet dan pengurus sudah siap dan bersemangat untuk meraih prestasi di Peparnas.

Sejauh ini, kendala yang masih dihadapi adalah kekurangan peralatan untuk para atlet. "Tapi sudah dalam proses untuk dicarikan," katanya.

Kekurangan terjadi pada pada cabor tenis lapangan dan bulu tangkis berupa kursi roda. Ada pula cabor panahan namun tidak dirinci apa kekurangan tersebut. Ia juga menemukan seorang atlet atletik yang menyatakan tidak memiliki sepatu sehingga pihaknya mengupayakan. Rumpis memastikan pada minggu ini peralatan baru sudah datang sehingga bisa segera dipakai oleh para atlet untuk berlatih.