Advertisement

Festival Dayung di Laguna Pantai Depok Dirancang Jadi Agenda Internasional

David Kurniawan
Senin, 03 September 2018 - 09:25 WIB
Budi Cahyana
Festival Dayung di Laguna Pantai Depok Dirancang Jadi Agenda Internasional Festival Dayung di Laguna Pantai Depok, Bantul, Minggu (3/9/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Pemerintah Kabupaten Bantul berencana menjadikan festival dayung di Laguna Pantai Depok, Kretek, sebagai agenda tahunan dan levelnya ditingkatkan sampai internasional. Perlombaan ini diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisata di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan Festival Dayung Bupati Cup 2018 adalah agenda sports tourism pertama yang digelar di Pantai Depok dan memiliki banyak manfaat sehingga akan digelar rutin.

Advertisement

“Ini sejalan dengan instruksi bupati yang menginginkan festival dayung digelar setiap tahun,” kata dia kepada Harian Jogja, Minggu (2/9).

Ada dua tujuan festival dayung. Pertama, lomba dayung diharapkan menjadi kompetisi untuk mencari bibit unggul, khususnya di Bantul dan DIY. “Ada 15 kategori lomba dengan rincian delapan lomba untuk lokal Bantul dan tujuh kategori untuk tingkat DIY,” kata dia.

Kedua, lomba dayung digelar untuk mengembangkan potensi wisata di Pantai Depok. Menurut dia, laguna relatif masih baru sehingga butuh promosi agar semakin dikenal publik. “Dari sisi potensi sangat baik karena Pantai Depok memiliki panorama alam yang indah. Salah satunya sunset [Matahari terbenam] pada sore hari.”

Dia mengatakan penyelenggaraan lomba dayung di tahun ini sudah melebihi harapan. Panitia hanya menargetkan 50 peserta, tetapi yang ikut sampai 79 peserta. “Meski melebihi ekspektasi, tetap harus ada evaluasi untuk penyelenggaraan ke depan yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Kwintarto menambahkan selain menjadikan festival dayung sebagai agenda rutin, kualitas lomba juga akan ditingkatkan. Saat ini kategori lomba hanya kelas lokal Bantul dan DIY. Di tahun-tahun berikutnya, Dinas Pariwisata sudah mendesain agar pelaksanaan tidak hanya lingkup DIY, tetapi masuk taraf nasional hingga internasional. Namun, tujuan itu butuh persiapan matang supaya bisa diwujudkan.

“Tidak bisa langsung dilaksanakan karena harus bertahap dan melalui proses yang panjang. Tahun depan, sudah harus ada peningkatan dari sisi peserta yang tidak hanya lingkup DIY, tapi bisa merambah Jawa-Bali. Tahun depannya lagi, baru mulai berbicara di tingkat nasional dan seterusnya,” tutur dia.

Bupati Bantul Suharsono saat membuka Festival Dayung Bupati Cup 2018 memberikan apresiasi tinggi. Dia pun mengharapkan agar festival dayung dapat terus diselenggarakan setiap tahun. “Ini sangat bermanfaat. Di satu sisi, penyelenggaraan ini bisa dijadikan ajang kompetisi, tapi di sisi lain juga sebagai upaya mengembangkan potensi pariwisata di Pantai Depok,” kata dia.

Festival Dayung 2018 tidak hanya menyajikan lomba untuk para atlet. Di saat yang bersamaan panitia juga memberikan doorprize kepada pengunjung dan lomba selfie Instagram serta pertunjukan musik dari sore hingga malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Xavi Hernandez Dikabarkan Tetap Bertahan di Barcelona Musim 2024/2025

Sepakbola
| Kamis, 25 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement