Hujan Deras, Dovi Kuasai GP Valencia

Moto GP Valencia 2018 (Reuters/Heino Kalis)
18 November 2018 21:50 WIB Ahmad Baihaqi Olahraga Share :

Harianjogja.com, VALENCIA -Juara Moto GP Valencia 2018 akhirnya direbut pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Dia mengungguli pembalap Suzuki, Alex Rins, dan pembalap KTM, Pol Espagaro yang finis di posisi kedua dan ketiga.

Hujan mewarnai balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (18/11/2018) malam WIB. Alex Rins yang start dari posisi kedua langsung tancap gas untuk menjadi yang terdepan diikuti oleh Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso.

Namun baru satu putaran berlangsung, Dovi mampu menyalip Vinales. Bahkan posisi Vinales turun di urutan kelima setelah Pol Espagaro dan Marc Marquez mampu menyalipnya. Sementara itu, Valentino Rossi yang start dari posisi ke-16 mampu merangsek ke posisi kedelapan.

Enam putaran berlangsung, Pol Espagaro tergelincir namun tetap bisa melanjutkan balapan. Tak berselang lama giliran Marquez yang mengalami crash. Sang juara dunia itu pun tak bisa melanjutkan balapan. Hal itu memberi keuntungan untuk para pembalap di belakangnya termasuk Rossi dan Vinales.

Memasuki putaran ke-10, Alex Rins masih tetap berada di posisi terdepan. Dia unggul cukup jauh dari Dovizioso di posisi kedua, begitu juga dengan Rossi di urutan ketiga. Kondisi hujan terlihat menyulitkan bayak pembalap. Andrea Iannone pun menjadi pembalap selanjutnya yang mengalami crash.

Tak berselang lama giliran Vinales yang terjatuh. Dia gagal mengendalikan motornya saat melaju cepat di tikungan lurus. Urutan keempat pun kini diduduki Dani Pedrosa yang terus bersaing dengan Johann Zarco. Namun, jarak mereka dengan barisan terdepan sangat jauh.

Pada putaran ke-13 Alex Rins disalip oleh Dovizioso dan Rossi. Ketiga pembalap bersaing ketat di barisan terdepan. Namun, pada putaran ke-15, red flag dikibarkan dan membuat balapan dihentikan sementara. Red flag dikabarkan lantaran kondisi yang tak memungkinkan karena cuaca yang buruk.

Balapan kemudian dimulai lagi dengan Rins yang start dari posisi terdepan, diikuti Dovizioso dan Rossi. Ketiga pembalap ini kembali memimpin balapan. Kali ini Dovi yang mampu menyalip Rins untuk menjadi yang terdepan. Sementara Rossi tetap di posisi ketiga.

Petaka menghampiri Rossi saat balapan tinggal empat putara lagi. Dia tergelincir di tiungan ke-12. Rossi memang masih bisa melanjutkan balapan, namun dia kini berada di peringkat ke-13. Dovizioso pun akhirnya bisa memenangi pertandingan diikuti oleh Rins dan Pol Espagaro.

Sumber : JIBI/Solopos