Robert Kubica Kembali ke F1

Robert Kubica (Express.co.uk)
23 November 2018 17:41 WIB Chrisna Chaniscara Olahraga Share :

Harianjogja.com, GROVE —Pembalap asal Polandia Robert Kubica akhirnya mewujudkan kisah comeback yang ditunggu-tunggu para fans Formula 1 (F1). Pembalap Polandia itu resmi membalap bersama Williams di musim 2019 setelah menggantikan Sergey Sirotkin. Kubica bakal berpasangan dengan pembalap rookie asal Inggris, George Russell.

Sebelumnya sudah santer beredar kabar Kubica telah menyepakati kontrak dengan pabrikan yang bermarkas di Grove, Inggris, tersebut. Pada Kamis (22/11/2018), di tengah persiapan menjelang GP Abu Dhabi, kabar itu akhirnya dikonfirmasi Williams. Wakil Team Principal Williams, Claire Williams, memuji perjuangan Kubica untuk kembali ke ajang jet darat setelah absen sejak akhir 2010. 

“Saya senang bisa mengumumkan bahwa Robert akan mendapat promosi sebagai pembalap utama dan menjadi mitra George di 2019. Kami sangat terkesan dengan kegigihannya kembali ke F1,” kata Williams seperti dilansir Motorsport, Kamis. 

Karier balap Kubica di F1 sempat terhenti akibat kecelakaan parah yang ia alami saat mengikuti sebuah reli di Italia delapan tahun silam. Sejak saat itu, ia harus memulai proses pemulihan dan secara bertahap mulai kembali ke arena motorsport. Setelah serangkaian tes dengan mobil F1 modern, Kubica sebenarnya nyaris mewujudkan kisah comeback-nya satu tahun lebih awal bersama Williams. 

Namun pembalap 33 tahun itu akhirnya harus menerima peran cadangan di musim 2018 dengan bergabungnya Sergey Sirotkin sebagai rekan setim Lance Stroll. “Saya ingin mengucapkan terima kasih pada semua orang yang telah membantu di masa-masa tersulit saya beberapa tahun terakhir. Ini menjadi perjalanan dengan penuh tantangan, meski awalnya tampak tidak mungkin," ujar Kubica. 

Sumber : JIBI/Solopos