Advertisement

Kontingen Jateng Diperkuat 6 Atlet Asian Games di Kejurnas Panjat Tebing

Moh Khodiq Duhri
Selasa, 27 November 2018 - 15:46 WIB
Sugeng Pranyoto
Kontingen Jateng Diperkuat 6 Atlet Asian Games di Kejurnas Panjat Tebing Aries Susanti Rahayu. (Instagram/aries_susanti)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO — Di Kejuaraan Nasional Panjat Tebing (KNPT) XVII 2018 di Solo Sport Climbing Center, kompleks Stadion Manahan, Solo, Selasa (27/11/2018) hingga Minggu (2/12/2018), Kontingen atlet panjat tebing Jawa Tengah (Jateng) siap tampil all out. Kontingen Jateng akan diperkuat enam atlet nasional yang membela Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Ketua Harian Pengda FPTI Jateng, Timbul Andi Wibowo, mengungkapkan terdapat 19 atlet yang diterjunkan di kejuaraan panjat tebing paling bergengsi di Tanah Air ini. Enam atlet di antaranya sudah tidak asing lagi karena kerap mewakili Indonesia di kejuaraan internasional. Mereka adalah si spiderwoman Aries Susanti Rahayu, Agustina Sari, Santi Wellyanti, Ndona Nasugian, Alfian M Fajri dan Kiromal Katibin. Jateng akan mengikuti semua dari 18 nomor yang dipertandingkan.

Advertisement

“Harapannya, para atlet ini bisa mewujudkan target kami empat emas atau lebih. Pada Kejurnas di Jogjakarta 2017 lalu, kami dapat empat emas dan berada di bawah Jawa Timur yang meraih juara umum,” ujar Timbul kepada Solopos.com, Senin (26/11/2018).

Bertanding di hadapan para pendukungnya sendiri akan memberikan motivasi yang besar bagi para atlet Jateng. Oleh karena itu, ia berharap Jateng bisa mengukir prestasi terbaik dan bisa keluar sebagai juara umum. Timbul mengakui bukan perkara mudah untuk merealisasikan target tersebut. Dia mengakui superioritas Jatim yang memiliki materi atlet merata di semua nomor.

“Pembinaan atlet panjat tebing di Jawa Timur itu cukup bagus. Untuk nomor speed, kami optimistis bisa meraih yang terbaik. Namun, kami sepertinya agak kedodoran di nomor boulder dan lead,” papar Timbul.

Wakil Ketua II Pengurus Pusat FPTI, Pristiawan Buntoro, mengatakan secara umum KNPT XVII siap digelar meskipun akhirnya dipindah dari Palu ke Solo. Menurutnya, pemindahan venue merupakan hal lumrah karena secara berkala selalu dilakukan review mengenai kesiapan daerah yang bersangkutan.

Adapun 18 nomor yang akan diselenggarakan di KNPT XVII adalah lead perorangan putra, lead perorangan putri, lead tim putra, lead tim putri, speed world record perorangan putra, speed world record perorangan putri, speed world record tim relay putra, speed world record relay putri, boulder perorangan putra, boulder perorangan putri, speed klasik perorangan putra, speed klasik perorangan putri, speed track perorangan pa, speed track perorangan putri, combined perorangan putra, dan combined perorangan putri.

“Atlet-atlet top juga akan turun termasuk atlet nasional yang mewakili Indonesia di Asian Games 2018. Mereka mewakili daerah mereka masing-masing. Kejurnas kali ini akan menyajikan kompetisi yang ketat dan seru. Setiap daerah diharapkan mengeluarkan kemampuan terbaik mereka,” papar Pristiawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil South Korea U-23 vs Indonesia U-23 Skor Adu Penalti 10-11: Pratama Arhan Penentu Kemenangan Garuda Muda ke Semifinal Piala Asia

Sepakbola
| Jum'at, 26 April 2024, 05:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement