GKR Hemas Cup 2018 : 426 Karateka Wanita Ambil Bagian

GKR Hemas Cup 2018 - Haria Jogja/Jumali
21 Desember 2018 17:00 WIB Jumali Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sebanyak 426 karateka dari sejumlah provinsi se-Indonesia memastikan diri mengikuti Kejurnas Karate Wanita GKR Hemas
Cup 2018, di GOR Amongraga, Jogja, Sabtu (22/12/2018) hingga Minggu (23/12/2018) mendatang. Mereka akan bertarung di 435 kelas yang dipertandingkan dan berebut piala bergilir GKR Hemas Cup.

Ketua Umum Pengda Inkai DIY Budi Wibowo mengatakan, kejuaraan karate khusus untuk wanita ini adalah kali pertama digelar di Indonesia. Gelaran yang diinisiasi oleh Pengda Inkai DIY ini diharapkan mampu menjadi icon dan wadah pemersatu seluruh perguruan karate di DIY. Sedangkan dasar pengambilan nama GKR Hemas Cup, kata Budi lebik kepada sosok dari istri Sri Sultan Hamengkubuno X tersebut.

"Karena beliau adalah permaisuri raja, peraih bintang maha putra dari presiden dan juga anggota dari DPD RI. Ini yang membuat kami menggunakan nama GKR Hemas. Ke depan kami rencanakan kegiatan ini akan digelar dua tahun sekali dan memperebutkan piala bergilir," katanya di Pendopo Kantor Dinas Kebudayaan DIY, Jumat (21/12/2018) siang.

Sementara Ketua Panitia GKR Hemas Cup Anisa Chairuna Hasan Murti menyatakan, ada dua nomor yang dipertandingkan di kejuaraan kali ini. Selain nomor festival (pemula), terdapat nomor open. Tidak sampai disitu, kejuaraan ini tidak hanya diikuti oleh sejumlah atlet lokal, namu juga akan diikuti oleh sejumlah atlet nasional.

"Ada beberapa karateka yang turun di PON kemarin, ambil bagian di gelaran ini. Selain peserta adalah wanita, nantinya wasit yang memimpin juga wanita," terangnya.