Sinyal Dominasi Honda di MotoGP

Marc Marquez - Twitter/MotoGP
07 Februari 2019 09:25 WIB Hanifah Kusumastuti Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pembalap Honda diprediksi kembali merajai Moto GP 2019. Dominasi mereka diperkirakan semakin merajalela karena musim ini menduetkan juara dunia Marc Marquez dengan Jorge Lorenzo.

Sinyal awal Honda untuk menancapkan hegemoni tersebut mulai terlihat pada hari perdana uji coba MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, Rabu (6/2/2019). Dari rekapitulasi uji coba hari pembuka di Sepang, Marquez mencatat waktu terbaik yakni satu menit 59,621 detik.

Padahal, Marquez hanya melakukan percobaan sebanyak 29 kali. Ia mengakhiri tes ini meski masih ada waktu tersisa sekitar empat jam. Catatan terbaiknya itu diperoleh pada lap ke-26. Sayang, tandem baru Marquez, Lorenzo belum bisa unjuk gigi dengan motor baru Honda miliknya, RC213V. Lorenzo menjadi satu-satunya pembalap yang absen pada uji coba kali ini karena cedera pergelangan tangan yang dialaminya belum lama ini.

Uji coba hari pembuka di Sepang diikuti 26 pembalap, salah satunya Cal Crutchlow. Ini menjadi penampilan perdana pembalap LCR Honda tersebut di lintasan sejak cedera engkel yang parah pada insiden di Phillip Island, Oktober 2018. Maka bisa dimaklumi jika penampilan Crutchlow belum begitu mengesankan. Dia cuma berada di urutan ke-14 dalam catatan waktu terbaik, dengan terpaut 1,060 detik dari catatan terbaik Marquez.

Sementara posisi kedua sampai kelima, masing-masing dikuasai Alex Rins (Suzuki Ecstar), Maverick Vinales (Monster Yamaha), Tito Rabat (Reale Avintia), dan Danilo Petrucci (Ducati Team). Beberapa pembalap mengalami masalah teknis, seperti Francesco Bagnaia (Pramac Ducati), Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3), dan Mika Kallio (Red Bull KTM Factory). Sedangkan beberapa rider sempat mengalami insiden terjatuh, di antaranya Andrea Iannone (Factory Aprilia Gresini), Jack Miller (Pramac Ducati), dan Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory).

Bagaimana dengan pembalap gaek Valentino Rossi? Jagoan Yamaha ini harus puas mencatatkan waktu terbaik di urutan keenam. Selisih waktu terbaiknya dengan Marquez terpaut 0,433 detik. Rossi menyadari tantangannya akan lebih berat pada musim ke-24 dalam kariernya di dunia balapan roda dua ini.

Pembalap Italia ini sempat kurang terkesan dengan pemakaian dua opsi prototipe mesin saat tes di Valencia dan Jerez yang diperuntukkan musim 2019. Meski manajemen Yamaha baru akan memutuskannya pekan ini, namun Rossi hanya memakai satu tipe mesin selama hari perdana uji coba di Malaysia.

"Saya hanya pakai satu mesin untuk tes ini, karena dua konfigurasi yang kami punya, sekarang Yamaha cuma membawa satu. Saya senang dengan pilihan ini. Di antara dua mesin, tidak ada perbedaan yang mencolok. Namun mesinnya tidak buruk," jelas Rossi saat berada di paddock, seperti dilansir crash.net.

Sumber : JIBI/Solopos