Advertisement

Pembalap Muda YRI Diperkenalkan Bersama Para Rider Top Dunia

MediaDigital
Kamis, 07 Februari 2019 - 21:15 WIB
Budi Cahyana
Pembalap Muda YRI Diperkenalkan Bersama Para Rider Top Dunia Para pembalap Yamaha di musim balap 2019. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SEPANG—Yamaha Motor Co., Ltd. membuka awal tahun dengan memperkenalkan para pembalap yang akan berkompetisi di musim 2019.

Para pembalap diperkenalkan dalam acar bertajuk Yamaha Motorsport Media Conference 2019 di Sirkuit Internasional Sepang (SIC), Selangor, Malaysia, Selasa (5/2) atau satu hari sebelum digelarnya sesi tes pra-musim MotoGP 2019.

Advertisement

Pada konferensi pers tersebut, Yamaha Motor secara resmi memperkenalkan formasi pembalap beserta tim yang akan berlaga di berbagai tingkat kompetisi, baik kejuaraan dunia maupun regional. Mereka yang diperkenalkan antara lain tim Superbike World Championship, All Japan Road Race Championship, Asia Road Racing Championship dan Petronas Yamaha SRT yang akan berlaga di kejuaraan MotoGP.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Yamaha turut memperkenalkan kembali tim Monster Energy Yamaha MotoGP yang sebelumnya telah lebih dulu tampil di hadapan publik Indonesia dan ikut serta dalam peluncuran dua produk teranyar Yamaha yaitu MT-15 serta MX-King bersama dengan para pembalap muda Yamaha Rider Indonesia.  

“Asia merupakan market terpenting bagi bisnis sepeda motor Yamaha dan kami telah banyak mengeluarkan waktu serta upaya secara signifikan untuk melakukan aktivitas promosi strategis, salah satunya dalam bentuk partisipasi dan dukungan terhadap aktivitas balap. Satu contoh riil dari upaya tersebut adalah menyiapkan struktur program kelas berjenjang pada ARRC untuk menemukan para talenta muda dari Asia yang kemudian akan dibina sehingga siap bertarung di beberapa kejuaran dunia. Program tersebut terbukti telah mampu membawa para pembalap muda dari Indonesia, Malaysia dan Thailand sukses berkompetisi di Eropa,” ujar Yasutaka Suzuki, Executive GM of 2nd Business Unit, Motorcyle Business Operations Yamaha Motor Co,. Ltd.

Sekurangnya terdapat lima pembalap muda Yamaha Racing Indonesia yang ikut diperkenalkan bersama para berider top dunia, tiga dari kelima pembalap tersebut merupakan alumni lulusan Yamaha VR46 Master Camp. Salah satunya, ada nama pembalap asal Yogyakarta yaitu Galang Hendra Pratama, 19 yang tahun ini akan kembali berkompetisi di World Supersport 300 dengan motor YZF-R3 produksi Indonesia bersama tim Yamaha MotoX Racing.

2019 menjadi tahun kedua bagi Galang mengikuti kejuaraan ini. Pada tahun sebelumnya Garuda muda kebanggaan Indonesia berhasil meraih podium pertama di Sirkuit Brno, Republik Cheska, dan itu merupakan podium pertama yang kedua kalinya. Pada 2017 ketika Galang bertarung sebagai rider wild-card di sirkuit Jerez, Spanyol dirinya sukses menjadi pembalap pertama yang berhasil meraih juara di kejuaraan dunia World Supersport 300.

Kemudian dua pembalap jebolan Yamaha VR46 Master Camp lainnya adalah Muhammad Faerozi Toreqottulah, 16,  dan Anggi Setiawan, 20, yang pada musim ini akan berlaga di kejuaraan Asia Road Racing (ARRC) pada kelas AP250 menggunakan YZF-R25 generasi terbaru yang beberapa waktu lalu telah resmi diluncurkan secara global di Indonesia. Tidak hanya itu, kekuatan tim Yamaha Racing Indonesia juga akan mengisi kelas Underbone 150 (UB150) dengan kehadiran dua rookies yaitu, Wahyu Nugroho, 14, dan Aldi Satya Mahendra, 13, yang siap tancap gas menggunakan motor MX-King.

Wahyu Nugroho pada tahun lalu (2018) berhasil meraih juara Motoprix Region II (Jawa) kelas Bebek 4T 150 cc Pemula B (MP5), sedangkan Aldi yang juga merupakan adik kandung dari Galang Hendra Pratama menutup musim balap 2018 dengan mencatatkan prestasi luar biasa sebagai juara Nasional Motoprix kelas Bebek 4T 125 cc Pemula B (MP6) dan juara Yamaha Cup Race (YCR) kelas Bebek 4T 150 cc Pemula A (YCR5).

Keikutsertaan para pembalap Yamaha Racing Indonesia di berbagai level kejuaraan dunia tidak terlepas dari upaya Yamaha untuk terus mengembangkan pembalap-pembalap muda potensial dengan menciptakan struktur step-up berjenjang yang bertujuan membuka jalan bagi mereka dalam mencapai puncak karir di ajang olahraga balap motor.

“Di tahun ini kami membuka lembaran baru dengan penuh semangat dan rasa optimis yang tinggi, kami juga memohon doa serta dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar kami dapat meraih kemenangan demi kemenangan di setiap seri balap yang kami hadapi sehingga nama Indonesia akan semakin harum di kancah dunia, Untuk Merah putih Semakin Di Depan,” ucap Galang dengan penuh semangat yang mewakili para pembalap Yamaha Rider Indonesia lainya.

Tahun ini Yamaha Racing Indonesia tetap mengusung misi Untuk Merah Putih Semakin di Depan yang menjadi panji sekaligus penyemangat bagi para pembalap muda Yamaha untuk terus berusaha mengharumkan nama besar bangsa Indonesia di kancah dunia. Melalui kerja keras, usaha dan doa, Yamaha Racing Indonesia pasti bisa meraih hasil positif di musim balap 2019.

“Galang saat ini dalam kondisi yang sangat optimal. Kami sangat percaya diri bahwa dia akan mendapat hasil terbaik.  Meskipun besar kemungkinan untuk juara, kami berharap ada kompetisi yang seimbang melalui regulasi baru di WorldSSP300. Dan terkait dengan para pembalap ARRC, khususnya dua pembalap yang masih sangat-sangat muda yaitu Aldi dan Wahyu, mereka sudah mulai berbicara menggunakan bahasa inggris dan menjadi bagian dari pembalap internasional ARRC. Serta tentunya untuk pembalap senior kita, Faeroz dan Anggi, kami memiliki ekspektasi sangat tinggi kepada mereka. Motor yang digunakan saat ini adalah generasi terbaru, itulah mengapa mereka akan mampu menjadi sangat kompetitif. Tahun ini Yamaha Indonesia akan menjadi sangat kuat. Gasspoll,” ujar Minoru Morimoto selaku President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Erick Thohir Tak Memaksakan Naturalisasi Penjaga Gawang Inter Milan Emil Audero

Sepakbola
| Jum'at, 19 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement