Advertisement

Resmi, Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Newswire
Selasa, 19 Februari 2019 - 15:50 WIB
Budi Cahyana
Resmi, Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 Cincin Olimpiade diangkat ke udara oleh crane, dikelilingi para aktor yang menari di sekitarnya, dalam upacara pembukaan Youth Olympic Games 2018 di Buenos Aires, Argentina, Sabtu (6/10). - IOC via Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Indonesia resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Surat pengajuan diri ke Komite Olimpiade Internasional atau International Olympic Commitee (IOC) sudah diserahkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D. Hadad pada Senin (11/2/2019) pekan lalu.

Mulaiaman Hadad menyerahkan surat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden IOC Thomas Bach. Surat dari Presiden diterima oleh Cristophe Dubi, Executive Director IOC.

Advertisement

Menurut Muliaman, perwakilan IOC memberi respons atas keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade. Hal itu memang pernah disampaikan Presiden Jokowi kepada Thomas Bach saat perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

“IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asia Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa itu menjadi fondasi yang cukup kuat,” kata Dubi dikutip dari Antara, Selasa (19/2/2019).

Sementara itu, Muliaman menuturkan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga paling akbar sedunia itu, sebagai bagian dari upaya menunjukkan kemampuan ekonomi Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia.

“Ini momen untuk menunjukkan kapabilitas Indonesias sebagai negara besar,” katanya.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 selambat-lambatnya akan digelar pada 2024. Adapun negara yang bertindak sebagai tuan rumah Olimpiade 2020 adalah Jepang dengan kota penyelenggara Tokyo, lalu Perancis pada 2024 di Paris, dan AS di Los Angeles pada 2028.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jika Juara Piala Asia U-23, Indonesia Akan Satu Grup dengan Israel di Olimpiade Paris

Sepakbola
| Jum'at, 26 April 2024, 16:32 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement