Advertisement

Zona Penalti di MotoGP Disambut Positif

Chrisna Chaniscara
Minggu, 24 Februari 2019 - 23:25 WIB
Budi Cahyana
Zona Penalti di MotoGP Disambut Positif Balapan MotoGP - Reuters/Lisi Niesner

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Sistem baru bakal diterapkan di MotoGP 2019. Setiap pembalap yang terkena penalti akan dipaksa melewati area tertentu yang membuat mereka kehilangan waktu. 

Sistem zona penalti ini telah diujicoba pembalap dalam hari pertama tes Moto GP di Qatar, Sabtu (23/2/2019) waktu setempat. Run off aspal di luar tikungan 6 tampak ditandai dengan sepasang garis putih untuk menunjukkan rute yang wajib ditempuh pembalap yang terkena penalti.

Advertisement

Sistem penalti anyar itu diusulkan menggantikan standar hukuman dari FIM Moto GP Stewards Panel yang diterapkan saat ini yaitu turun satu posisi. Meski telah diujicoba di Qatar, kepastian penerapan zona penalti masih menunggu pertemuan lanjutan dengan pihak berkepentingan.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, menyambut baik rencana penerapan zona penalti bagi pembalap yang melanggar aturan. Menurut Dovi, zona penalti memungkinkan pembalap mendapat pengurangan waktu yang sama/konstan sehingga lebih adil ketimbang hukuman turun satu posisi. “Saya pikir ini [zona penalti] ide yang baik. Hampir semua pembalap saya rasa menyetujuinya,” ujar Dovizioso seperti dilansir Crash, Minggu (24/2/2019).

Namun pembalap asal Italia itu menilai ada beberapa kendala dalam penerapan yakni licinnya jalur penalti yang berpotensi membahayakan pembalap. Problem lain yakni potensi crash saat pembalap yang dihukum kembali memasuki lintasan. “Namun itu tergantung kondisi tikungannya. Secara umum zona penalti dapat diterima. Tidak mudah, tapi ide yang bagus,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement