Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia: Indonesia Tantang Jepang di Semifinal

Fajar Alfian/M. Rian Ardianto - Badmintonindonesia.org
23 Maret 2019 00:07 WIB Chrisna Chaniscara Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA — Indonesia melaju ke semifinal Kejuaraan Bulutangkis Beregu Campuran Asia 2019 setelah menyingkirkan Singapura dengan skor 3-0 di Stadion Queen Elizabeth, Hong Kong, Jumat (22/3/2019). Di empat besar, Tim Merah Putih sudah ditunggu Jepang yang di laga lain menaklukkan Malaysia dengan skor 3-0.

Kelolosan Indonesia ke semifinal dipastikan lewat kemenangan Shesar Hiren Rhustavito atas Loh Kean Yew dengan skor 17-21, 21-14, 21-7 di partai ketiga babak perempatfinal. Sebelumnya dua poin untuk Indonesia diperoleh melalui kemenangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Ruselli Hartawan.

Shesar kemungkinan bakal bersua tunggal putra Jepang, Kanta Tsuneyama, di semifinal. Di perempat final, Tsuneyama harus bersusah payah mengalahkan pemain Malaysia, Cheam June Wei, dalam laga rubber game selama satu jam.

Adapun Fajar Alfian/M. Rian Ardianto kemungkinan bakal menghadapi Takuro Hoki/Yugo Kobayashi apabila kembali dipercaya di semifinal. Di perempatfinal, juara Swiss Open 2019 itu susah payah membuka keunggulan 1-0 Indonesia saat melawan Loh Kean hean/Toh Han Zhuo. Mereka menang dengan skor sengit 21-16, 19-21, 21-19.

“Lawan sangat bagus, semangat dan tanpa beban. Kunci kemenangan kami adalah jaga fokus dan komunikasi,” ujar Fajar di Badmintonindonesia.org.

Sementara itu, tunggal putri belia, Ruselli Hartawan, justru tampil meyakinkan dengan membekuk Yeo Jia Min dua game langsung 21-14, 21-18. Kemenangan ini sekaligus membalas pertemuan sebelumnya saat Ruselli kalah 20-22, 10-21 dari Yeo pada German Open 2019. Ruselli berpeluang melawan Aya Ohori di semifinal.

Meski menang meyakinkan di perempatfinal, Ruselli mengaku masih banyak hal yang perlu dia perbaiki. “Tadi masih terburu-buru, yang kayak gitu harus dikurangi lagi,” ujar atlet kelahiran Jakarta itu. 

Sumber : JIBI/Solopos