F1 GP Bahrain: Charles Leclerc Start Terdepan

Pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc saat kualifikasi F1 GP Bahrain pada Sabtu (30/3/2019) tengah malam WIB. - Reuters/Thaier Al Sudani
31 Maret 2019 15:37 WIB M. Syahran W. Lubis Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Charles Leclerc, pembalap Scuderia Ferrari, meraih pole pertama dalam kariernya di Formula 1. Leclerc akan memulai GP Bahrain dari posisi terdepan pada Minggu (31/3/2019) malam WIB.

Rekan setimnya, Sebastian Vettel (Jerman), menjadi yang tercepat kedua di babak kualifikasi untuk mengunci barisan depan GP Bahrain.

Pembalap Monako berusia 21 tahun adalah pengisi pole pertama termuda kedua sepanjang masa. Rekor prestisius itu masih dipegang oleh Vettel yang mencapainya pada 21 tahun dan 73 hari saat membalap bersama Toro Rosso di Monza, Italia, pada 2008.

Sementara itu, juara dunia lima kali Lewis Hamilton akan mulai di tempat ketiga untuk Mercedes.

Di sisi lain Kabar buruk didapat pembalap Haas Romain Grosjean yang diganjar hukuman mundur tiga posisi start pada GP Bahrain.

Dia diketahui menurunkan laju kendataannya sehingga menghalangi pebalap McLaren Lando Norris pada sesi kualifikasi.

Steward balapan menurunkan posisi start pebalap asal Prancis dari P8 ke P11. Atas keputusan itu, Norris naik dari posisi start P10 ke P9.

Sementara itu, Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) naik ke P8 dan Daniel Ricciardo (Renault) ke P10.

Steward dalam pernyataan resmi mengungkapkan Grosjean tidak sengaja melakukan itu dan tidak diperingatkan oleh timnya ketika Norris mendekati posisinya di trek, namun pebalap Renault itu seharusnya waspada dengan posisi pebalap lain.

Pembalap McLaren lainnya, Carlos Sainz akan start di P7 sementara rekan satu tim Grosjean, Kevin Magnussen akan mengawali balapan GP Bahrain dari P6.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia