480 Atlet Gateball Berlaga di Prambanan

Salah satu atlet mengikuti Turnamen Gateball Bupati Sleman Cup ke-8 Tahun 2019, di Lapangan Siwa Kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Sabtu (20/4/2019). - Ist/Pemkab Sleman
21 April 2019 02:07 WIB Hafit Yudi Suprobo Olahraga Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Sebanyak 480 atlet dari 11 provinsi mengikuti Turnamen Gateball Bupati Sleman Cup ke-8 Tahun 2019. Acara yang resmi dibuka Sabtu (20/4/2019) tersebut diinisiasi oleh Pemkab Sleman, menggandeng Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Ketua Umum Pergatsi Basuki Hadimuljono, berkesempatan membuka langsung turnamen tersebut. Pembukaan ditandai dengan pemukulan bola oleh Basuki Hadimuljono didampingi Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, dan Ketua Pergatsi DIY Hadiwinoto, Sabtu di Kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan.

Turnamen ini diikuti oleh 61 tim. Adapun para atlet yang bertarung berasal dari DKI Jakarta, Banten, DIY, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Lampung, NTB, Sumatra Utara dan Bali.

Basuki Hadimuljono mengapresiasi terselenggaranya turnamen gateball yang merupakan rangkaian memeriahkan HUT ke-103 Kabupaten Sleman tersebut. Menurut Basuki, penyelenggaraan turnamen tersebut berkontribusi dalam mempertahankan eksistensi olahraga gateball di Indonesia.

Dia berharap turnamen olahraga gateball tersebut tidak hanya menjadi ajang kompetisi tetapi juga ikut serta mempromosikan wisata yang ada di Indonesia.

“Cabang olahraga gateball sudah masuk ke ajang prestasi namun juga ikut berkontribusi mengembangkan pariwisata yang ada di Indonesia,” kata Basuki. Dia juga berharap peserta yang ikut dalam kejuaran tersebut terus bertambah.

Tidak hanya kepada atlet, Basuki juga mengajak seluruh wasit untuk menjunjung sportivitas dalam mengemban tugas sebagai juru adil sebuah pertandingan.

Ketua Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) DIY, Hadiwinoto, mengharapkan turnamen tersebut dapat diselenggarakan di daerah-daerah lain di Indonesia.

Hadiwinoto juga mangajak seluruh pemain untuk selalu mengutamakan sportivitas dalam bertanding. “Sportivitas harus selalu ditegakkan,” tegasnya.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, mengatakan diselenggarakannya event tersebut merupakan agenda rutin menyambut HUT ke-103 Kabupaten Sleman.

Turnamen gateball dinilai menjadi salah satu cara mempromosikan wisata yang ada di Slemen guna meningkatkan kunjungan wisata di Bumi Sembada. Terlebih menurutnya, para atlet banyak berasal dari luar DIY.