Advertisement

Latihan Bebas I GP Azerbaijan Disetop karena Tutup Saluran Air

Chrisna Chaniscara
Sabtu, 27 April 2019 - 05:57 WIB
Budi Cahyana
Latihan Bebas I GP Azerbaijan Disetop karena Tutup Saluran Air Balapan Formula 1 - Reuters/Thomas Peter

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAFree practice (FP) atau latihan bebas sesi pertama GP Azerbaijan di Sirkuit Baku, Jumat (26/4/2019), terpaksa disetop meski  baru berjalan kurang dari 15 menit. Penutup drainase di sirkuit  lepas sehingga mengganggu laju mobil Williams milik George Russell.

Mobil pembalap Inggris ini sempat terpental dan mengalami kerusakan parah di bagian lantai. Rookie di ajang Formula 1 musim ini itu kemudian berhenti di pinggir trek setelah mobil FW42 yang dikendarainya kehilangan tenaga.

Advertisement

Kesialan Williams tak berhenti di situ. Alat derek truk yang mengangkut mobil Russell menghantam jembatan dan menumpahkan oli ke mobilnya. Bendera merah pun dikibaskan. Tak lama para marshal serta ofisial FIA mendatangi lokasi untuk memeriksa penutup drainase.

Race Director akhirnya mengambil keputusan bahwa sesi FP1 tidak dilanjutkan lantaran ada sekitar 300 penutup drainase yang harus ikut diperiksa. Sebelum sesi dihentikan, hanya duo Ferrari yang sempat membukukan waktu di FP1, dengan Charles Leclerc meraih 1 menit 47,497 detik, sementara rekan setimnya, Sebastian Vettel, terpaut 2,101 detik.

Russell mengaku terkejut saat mobilnya terpental ke udara. Insiden itu membuatnya harus absen di FP2, Jumat malam WIB. “Saya merasakan hantaman yang amat kuat di sekujur tubuh,” ujar Russell seperti dilansir Autosport, Jumat.

Deputi tim prinsipal Williams, Claire Williams, menilai situasi di Sirkuit Baku tak bisa diterima. Dia menyebut tak semestinya sebuah sirkuit F1 menyimpan ancaman yang tak terduga seperti halnya problem penutup drainase. “Ini bukan yang Anda harapkan, penutup drainase mestinya terpasang dengan baik,” cetusnya.

GP Azerbaijan bakal menjadi tantangan terbaru bagi Mercedes yang sukses menyapu bersih tiga seri awal dengan kemenangan. Mercedes punya modal lebih setelah musim lalu Lewis Hamilton sukses menjadi yang tercepat di Sirkuit Baku. Dia mengasapi Kimi Raikkonen (Ferrari) dengan selisih dua detik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Cagliari vs Juventus Liga Italia: Skor 2-2, Si Nyonya Tua Sempat Tertinggal 2 Gol Hingga Jelang Akhir Babak Kedua

Sepakbola
| Sabtu, 20 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement