Piala Sudirman 2019: Ganda Putri Indonesia Mencari Penebusan

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu - Antara/Puspa Perwitasari
15 Mei 2019 23:37 WIB Hanifah Kusumastuti Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Indonesia gagal di Piala Sudirman 2017 karena ganda putri tak mampu menyokong poin bagi Merah Putih. Kini, ganda putri Indonesia pantas optimistis bisa menyumbangkan kontribusi berarti ketika Piala Sudirman 2019 di Nanning, China, 19 Mei-26 Mei 2019 mendatang.

Indonesia akan membawa tiga pebulu tangkis spesialis ganda putri ke Piala Sudirman 2019 nanti. Mereka adalah Greysia Polii, Apriyani Rahayu, dan Ni Ketut Mahadewi Istirani. Greysia/Apriyani tentu akan menjadi andalan utama saat nomor ganda putri dimainkan. Sementara Ni Ketut akan menjadi cadangan karena dia terbiasa berpatner dengan Rizki Amelia Pradipta atau Anggia Shitta Awanda, di mana keduanya tidak ikut masuk tim Merah-Putih.

Greysia/Apriyani membawa modal lumayan sebelum terbang ke Nanning. Mereka menjadi runner-up Malaysia Masters dan menjuarai India Open tahun ini. Yang membuat ganda putri semakin diunggulkan bisa menyokong poin, itu karena pesaing mereka di Grup 1B, Denmark dan Inggris, kemungkinan tidak membawa serta ganda putri terbaik mereka ke turnamen bulu tangkis beregu campuran tertua di dunia ini.

Seperti dilansir bwfbadminton.com, Selasa (14/6/2019), Denmark tidak menyertakan ganda putri gaek mereka, Christinna Pedersen dan Kamilla Rytter Juhl. Tim Dinamit ini pun "hanya" berencana menurunkan pasangan ranking ke-19, Maiken Fruergaard/Sara Thygesen. Fruergaard/Thygesen hanya bermain dalam satu turnamen sepanjang 2019 ini, yakni di All England. Nasib mereka sangat tragis karena langsung tersingkir dari babak pertama.

Seperti halnya Denmark, Inggris juga hanya menurunkan ganda putri peringkat ke-32, Chloe Birch/Lauren Smith. Pengalaman pasangan ini yakni "sebatas" menjuarai the Orleans Masters pada tahun ini.

Wajar apabila ekspektasi besar akan ditumpukan kepada ganda putri untuk menyokong poin bagi Indonesia di Piala Sudirman 2019. Itu sekaligus bakal menjadi penebusan mereka pada Piala Sudirman dua tahun lalu di Gold Coast, Australia.

Seperti diketahui, Tim Indonesia langsung tersingkir dari fase grup setelah kalah telak 1-4 dari tim kejutan India dan takluk 2-3 dari tim Denmark di Piala Sudirman 2017. Ganda putri Indonesia sama-sama gagal menyokong poin, baik ketika melawan India maupun Denmark kala itu. 

Sumber : JIBI/Solopos