Advertisement

Moto GP Italia: Balapan di Sirkuit Favorit, Valentino Rossi Diterpa Keraguan

Chrisna Chaniscara
Jum'at, 31 Mei 2019 - 03:27 WIB
Budi Cahyana
Moto GP Italia: Balapan di Sirkuit Favorit, Valentino Rossi Diterpa Keraguan Valentino Rossi - Reuters/Ibraheem Al Omari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Mugello menjadi salah satu sirkuit favorit Valentino Rossi. Pembalap Italia itu memiliki catatan cukup baik di sirkuit yang terletak di Firenze tersebut.

Rossi berhasil meraih tujuh kemenangan beruntun pada medio 2002 sampai 2008. Namun belakangan capaian Rossi di Mugello cenderung menurun dengan hanya meraih posisi ketiga di musim 2009, 2014, 2015 dan 2018 sebagai prestasi terbaik.

Advertisement

Keraguan pun kembali muncul menjelang balapan akhir pekan ini lantaran karakter Mugello dengan banyak trek lurus bisa memicu kelemahan bagi pacuannya, Yamaha YZR-M1. Di sirkuit tersebut, ada lintasan lurus sepanjang 1,14 kilometer yang bisa menguntungkan rival Yamaha seperti Ducati dan Honda.

The Doctor mengaku sering kehilangan banyak waktu di trek lurus serta akselerasi dari tikungan berkecepatan rendah. Meski demikian, pembalap 40 tahun itu bertekad untuk bekerja keras demi performa yang kompetitif di GP Italia.

“Saya senang ini saatnya Mugello, akhir pekan istimewa dan perlombaan khusus bagi semua pembalap Italia. Atmosfernya fantastis. Memang ini bakal menjadi titik kelemahan kami. Namun jika kami bekerja baik, kami akan tampil bagus,” ujar Rossi seperti dilansir Motorsport, Kamis (30/5/2019).

Rossi memang butuh poin maksimal untuk mengejar ketertinggalan di klasemen. Saat ini Rossi berada di posisi keeempat dengan 72 poin, terpaut 23 poin dari juara bertahan, Marc Marquez. Mugello sendiri bukan sirkuit yang bersahabat bagi Marquez.

Pembalap Spanyol ini baru sekali menang di GP Italia yakni pada 2014. Sejak saat itu prestasi terbaiknya hanyalah runner up pada 2016. Pada 2015 dan 2018 dia bahkan gagal meraih poin di sirkuit yang dibangun 1974 itu.

Meski demikian, musim ini Marquez sedang bagus-bagusnya seusai memenangi tiga dari empat balapan perdana yang dituntaskan sang pembalap. Pembalap Honda ini pun optimistis bisa memperbaiki peruntungan tahun ini.

“Saya menyukai sirkuitya, sekalipun kami tidak selalu bisa memperoleh hasil bagus di sana. Saat ini kuncinya adalah penampilan bagus sejak latihan bebas, Jumat (31/5/2019) nanti,” ujar Marquez. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lolos Olimpiade 2024, Timnas U-23 Sudah Ditunggu "Musuh Besar" Begini Skenario Menghadapinya

Sepakbola
| Jum'at, 26 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement