Raptors Kalahkan Warriors di Gim Pertama Final NBA

Forward Toronto Raptors Kawhi Leonard (2) menembakkan bola, coba dihadang center Golden State Warriors Kevon Looney (5) pada gim pertama final NBA di Toronto, Kanada. - Reuters
31 Mei 2019 15:47 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Toronto Raptors menundukkan Golden State Warriors 118-109 dalam gim pertama di Scotiabank Arena, Ontario, Kanada, Jumat (31/5/2019) WIB.

Meski ini debut di partai final, Raptors tampil tenang dan klinis dengan tingkat akurasi tembakan terbuka 50 persen dibandingkan 43 persen milik Warriors, demikian catatan laman resmi NBA.

Pascal Siakam jadi penampil terbaik dengan mengumpulkan 32 poin, 8 rebound, dan 5 assist untuk kemenangan Raptors, disusul Kawhi Leonard 23 poin, 8 rebound, dan 5 assist.

Marc Gasol turut membantu lewat 20 poin dan 7 rebound, Fred van Vleet 15 poin dan Danny Green 11 poin, sedangkan Kyle Lowry tak mumpuni berdasarkan statistik angka cuma 7 poin, 6 rebound, dan 9 assist, tetapi tampil begitu kokoh mengawal pertahanan Raptors.

Di kubu tim tamu, Stephen Curry mengemas 34 poin, 5 rebound, dan 5 assist, tetapi cuma mendapat bantuan 21 poin dan lima rebound dari Klay Thompson serta triganda minimalis 10 poin, 10 rebound, dan 10 assist milik Draymond Green.

Kemenangan kali ini menjadi modal yang sangat penting bagi Raptors yang akan kembali menjamu Warriors di Scotiabank Arena untuk gim kedua pada Senin (3/6/2019).

Tampil di hadapan publik sendiri untuk partai final perdana mereka, tentu memberikan suntikan semangat yang lebih bagi Raptors.

Terlebih lagi, tamunya sudah jelas tak diperkuat salah satu pilar bintangnya Kevin Durant, membuat Raptors lebih diuntungkan. Sedangkan DeMarcus Cousins yang sudah kembali untuk Warriors tak bisa berbuat banyak.

Hampir 1 menit laga berjalan tak ada angka tercipta dan Warriors justru memperoleh poin lebih dulu lewat dua lemparan bebas Curry usai ia dilanggar Leonard, namun hasil pertandingan tak lantas berayun ke arah tim tamu.

Kedua tim saling kejar dan bergantian memimpin di menit-menit awal laga hingga akhirnya Raptors menjauh 18-11 pada sisa waktu 5 menit 31 detik kuarter pertama lewat dua lemparan bebas Gasol. Sejak itu Raptors menjaga keunggulan dan menutup kuarter pertama dalam kedudukan 25-21.

Warriors berusaha bangkit di kuarter berikutnya dan berhasil mengejar hingga berbalik memimpin 41-40 pada sisa waktu 5 menit 37 detik kuarter kedua lewat tembakan 3 poin Thompson.

Namun Raptors bangkit dan meraup rentetan poin 19-8 untuk kembali memimpin 59-49 saat paruh pertama laga berakhir, yang ditutup lewat tembakan tripoin Green.

Tim tamu bermain lebih sabar pada kuarter ketiga dan terus memangkas jarak hingga hanya tersisa empat poin ketika Kevin Looney melesakkan sebuah tip layup untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 81-85 pada sisa waktu 55,1 detik periode tersebut.

Raptors menjawabnya dengan tembakan tripoin dari Patrick McCaw, mantan pemain Warriors, untuk memastikan keunggulan 88-81 saat kuarter ketiga berakhir.

Warriors kembali berusaha mengejar ketertinggalan di awal kuarter pamungkas, namun mendapati Raptors justru menjauh 100-88 ketika Green melesakkan tembakan tripoin lagi pada sisa waktu tujuh menit 31 detik pertandingan, yang segera direspon pelatih Steve Kerr dengan meminta waktu jeda.

Selepas jeda, Warriors sempat memangkas jarak 92-100, tetapi Raptors kembali melejit untuk memperlebar keunggulan menjadi 106-94 pada sisa waktu lima menit pertandingan.

Meski terpangkas keunggulan itu terus dipertahankan hingga Raptors berhasil memastikan kemenangan dalam kedudukan akhir 118-109 kala bel tanda laga usai berbunyi di Scotiabank Arena.

Sumber : Antara/NBA.com