MotoGP: Menanti Hattrick Marquez

Marc Marquez - Reuters
02 Juni 2019 17:17 WIB Ahmad Baihaqi Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA — Performa Marc Marquez sempat anjlok jelang ajang GP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (2/6/2019) malam WIB. Setelah menjadi yang tercepat di latihan bebas pertama, Marquez kalah bersaing dengan pembalap rookie Francesco Bagnaia dan Danilo Petrucci di dua latihan bebas berikutnya.

Demam yang menyerang Marquez sejak sesi latihan bebas kedua pada Jumat (31/5/2019) malam WIB membuat sang pembalap gagal menunjukkan performa terbaik. Dia bahkan tertinggal 0,330 detik dari Bagnaia saat berada di posisi keenam di latihan bebas kedua.

“Sangat sulit memahami motor, berkonsentrasi, dan menjadi konstan saat sakit seperti ini,” ujar Marquez saat itu.

Faktanya, Marquez hanya butuh satu hari untuk memulihkan diri. Pada kualifikasi, Sabtu (1/6/2019), pembalap Honda ini telah kembali ke performa terbaiknya dengan merebut pole position. Dia mencatatkan waktu terbaik 1 menit 45,519 detik, unggul 0,214 detik dari Fabio Quartararo di posisi kedua.

Hasil tersebut tentu menjadi modal apik bagi Marquez untuk meraih kemenangan ketiga beruntun musim ini. Sebelumnya, Baby Alien berhasil merebut gelar juara seri di GP Spanyol dan GP Prancis yang membuatnya berada di puncak klasemen sementara dengan 95 poin. Saingan terdekat Marquez di klasemen, Andrea Dovizioso (87 poin), justru mengalami nasib sial setelah harus start dari posisi kesembilan.

Sementara itu, Valentino Rossi terus menunjukkan penurunan seusai meraih gelar runner up beruntun di GP Argentina dan GP Amerika Serikat dengan hanya berada di posisi 18 kualifikasi. Ini menjadi capaian terburuk The Doctor dalam kualifikasi sejak GP Belanda 2006.

Hal tersebut ironis mengingat Mugello sejatinya merupakan sirkuit favorit Rossi. Pembalap 40 tahun itu sudah memetik tujuh kemenangan di Mugello untuk menjadi rider tersukses di sirkuit tersebut. Musim lalu Rossi juga berhasil merebut pole position meski hanya finis di peringkat ketiga.

Penampilan jeblok Rossi sejatinya sudah terlihat sejak latihan bebas. Di latihan bebas kedua, Rossi hanya mampu berada di peringkat 18 setelah di latihan bebas pertama nangkring di posisi 12. Performa Rossi tak kunjung membaik di latihan bebas ketiga dengan berada di posisi 13 di sesi tersebut.

“Saya tak bisa tampil maksimal dan saya lebih lambat ketimbang tahun lalu. Untuk alasan itulah saya menilai penampilan saya sangat buruk,” rutuk Rossi, dilansir Motorsport. 

Sumber : JIBI/Solopos