Turnamen Catur Internasional: Sokolov Merangsek ke Posisi Atas

Sejumlah turnamen catur Japfa Internasional di Jogja, Kamis (13/6/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto
16 Juni 2019 23:47 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Unggulan kedua asal Belanda, Grandmaster (GM) Ivan Sokolov, mulai merangsek ke papan atas seusai membukukan kemenangan ketiga secara beruntun pada babak kelima turnamen catur Japfa Internasional di Jogja, Minggu (16/6/2019).

Sokolov menambah satu poin menjadi 3 lewat kemenangan atas pecatur Indonesia, International Master (IM) Sean Winshand Cuhendi, pada langkah ke-49 dengan permainan Hindia Raja.

Sokolov kini terpaut 0,5 poin dari peringkat pertama pecatur Kazakstan, GM Khusnutdinov Rustam. Poin yang diraih Sokolov sama dengan yang diraih GM Susanto Megaranto (Indonesia), GM Dmitry Kokarev (Rusia), dan IM Priasmoro Novendra (Indonesia).

Sementara itu, satu-satunya peserta putri pada kategori GM asal Indonesia, Medina Warda Aulia, menelan kekalahan ketiga. Medina yang mengendalikan buah putih tak mampu menahan ketangguhan permainan pertahanan Caro Can yang dibangun IM Yoseph Theofilus Taher (Indonesia).

Kekalahan ketiga tersebut membuat Medina berada di posisi kedua terbawah dan hanya setengah poin lebih tinggi dari rekan senegaranya, FIDE Master  (FM) Azarya Jodi Setyaki, yang menghuni dasar klasemen.

Sumber : Antara