Marquez dengan Mudah Juarai GP Jerman

MotoGP Jerman 2019 - Reuters/Annegret Hilse
07 Juli 2019 20:27 WIB Ahmad Baihaqi Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menguasai MotoGP Jerman  2019. Marquez mengasapi Maverick Vinales dan Cal Crutchlow yang finis di belakangnya.

Dalam balapan yang digelar di Sirkuit Sachsenring, Minggu (7/7/2019) malam WIB, Marquez yang start di posisi pertama langsung melesat. Dia diikuti oleh Maverick Vinales dan Jack Miller. Fabio Quartararo yang memulai balapan dari posisi kedua justru melorot ke posisi keenam.

Pada putaran berikutnya, Quartararo justru terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan. Persaingan di barisan terdepan pun kian ketat lantaran Alex Rins bisa masuk ke jajaran tersebut. Bahkan Rins mampu menyalip Miller untuk menduduki posisi ketiga.

Sempat ketat diawal, Marquez lantas mampu menjauh dari para rivalnya. Rins yang berada di posisi kedua terpaut hingga 1,3 detik pada putaran kelima. Sedangkan Vinales yang berada di posisi ketiga sudah terpaut 2,8 detik.

Memasuki putaran ke-15, Marquez kian menjauh dari para pesaingnya. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu sudah meninggalkan Rins di posisi kedua dengan jarak mencapai 3 detik. Di belakang Rins ada Vinales dan Cal Crutchlow yang juga terpaut jarak yang amat jauh.

Persaingan ketat justru terjadi pada perebutan posisi kelima. Mille, Danilo Petrucci, dan Andrea Dovizioso bersaing ketat di posisi itu. Jarak mereka pun cukup dekat karena tak sampai satu detik.

Pada putaran ke-18, petaka menghampiri Rins. Dia terjatuh sendirian saat melewati tikungan 11. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi Vinales yang langsung menduduki kedua. Keuntungan juga didapat Marquez karena dia kini terpaut jauh dengan pembalap di belakangnya yakni mencapai 5 detik.

Marquez lantas tak terkejar hingga akhir. Dia mampu finis di posisi pertama dengan keunggulan 4,5 detik dari Vinales yang finis di posisi kedua. Melengkapi podium pada GP Jerman 2019 ini, ada Crutchlow yang finis di posisi ketiga.

Hasil GP Jerman (10 Besar)

  1. Marc Marquez
  2. Maverick Vinales
  3. Cal Crutchlow
  4. Danilo Petrucci
  5. Andrea Dovizioso
  6. Jack Miller
  7. Joan Mir
  8. Valentino Rossi
  9. Franco Morbidelli
  10. Stefan Bradl

Sumber : JIBI/Solopos