Advertisement

Leclerc Menang di GP Belgia, Vettel Jalani Peran Baru

Newswire
Senin, 02 September 2019 - 11:02 WIB
Galih Eko Kurniawan
Leclerc Menang di GP Belgia, Vettel Jalani Peran Baru Pembalap Ferrari Sebastian Vettel seusai GP Kanada 2019. - Antara/AFP

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pebalap Ferrari Sebastian Vettel mengaku tak secepat rekan satu timnya, Charles Leclerc, di GP Belgia, Minggu (2/9/2019), dan harus mengalah untuk membiarkan pebalap asal Monako itu melewatinya hingga meraih gelar juara.

Leclerc menggunakan strategi satu pitstop, berganti ban medium di lap ke-22 dan keluar di P3 sekitar lima detik di belakang Vettel, yang terlebih dulu masuk pit enam putaran lebih awal dari rekannya.

Advertisement

Namun Leclerc memiliki kecepatan yang lebih baik dari Vettel, hingga sang juara dunia dari Jerman itu membiarkan rekannya lewat di lap ke-27 untuk memimpin lomba.

Menyadari performanya tak cukup untuk bertarung di podium, Vettel mengorbankan dirinya untuk menjaga asa Ferrari meraih kemenangan pertamanya musim ini dengan memainkan peran baru untuk tim hari itu.

Pebalap asal Jerman itu mengendalikan kecepatannya untuk sebisa mungkin menahan pebalap rival, Lewis Hamilton dari Mercedes agar kehilangan waktu untuk mengejar Leclerc.

Hamilton yang memiliki umur ban medium lebih muda tujuh putaran dari Vettel melakukan manuver untuk menyalip pebalap Ferrari dengan nomor 5 itu di lap ke-32 untuk mengejar pimpinan lomba yang berjarak 6,5 detik di depannya.

Dalam 12 putaran terakhir, Hamilton berusaha mengejar Leclerc hingga terpaut 1,5 detik di lap terakhir. Namun sang pebalap asal Inggris itu tak mampu menyalip Leclerc, yang juga telah menunjukkan kecepatannya di sesi latihan bebas GP Belgia.

Leclerc meraih kemenangan pertamanya di Formula 1 dan mengakhiri puasa kemenangan Ferrari dengan finis 0,981 detik di depan Hamilton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Semifinal Liga Champions, Bayern Vs Real Madrid dan Dortmund Vs PSG

Sepakbola
| Kamis, 18 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement