Piala Dunia Basket, Puerto Riko Lolos dari Grup C

Pebasket Puerto Riko David Huertas melakukan selebrasi usai mencetak 3 poin dalam laga pemungkas penyisihan Grup C Piala Dunia Basket 2019 melawan Tunisia di Guangzhou, China, Rabu (4/9/2019). - Reuters/Jorge Silva
05 September 2019 12:02 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Puerto Riko melengkapi wakil Grup C yang lolos ke babak kedua Piala Dunia Fédération Internationale de Basketball (FIBA) 2019 seusai mengalahkan Tunisia 67-64 dalam laga pemungkas di Guangzhou, China, Rabu (4/9/2019).

Tim besutan Eddie Casano itu membukukan dua kemenangan dan berhak mendampingi Spanyol yang sudah lebih dulu lolos ke babak kedua, demikian catatan laman resmi FIBA.

Puerto Riko dan Spanyol akan berlaga di Grup J, menghadapi dua wakil Grup D, Serbia dan Italia, di Wuhan mulai Jumat (6/9/2019).

Menghadapi Tunisia, Puerto Riko sempat mendapat perlawanan ketat pada tiga kuarter pertama pertandingan.

Bahkan, pada kuarter ketiga Puerto Riko harus rela kehilangan keunggulan dan tertinggal 52-55 dari Tunisia.

Tunisia bahkan membuka kuarter keempat dengan memperbesar keunggulan 60-52 lewat dunk Salah Mejri, tetapi konsentrasi mereka hilang dan Puerto Riko berhasil mengejar ketertinggalan, bahkan menyamakan kedudukan 64-64 lewat tembakan 3 poin David Huertas pada sisa waktu 1 menit 37 detik.

Sebuah tembakan tripoin Gary Browne pada sisa waktu 5 detik berhasil memastikan kemenangan Puerto Riko atas Tunisia 67-64.

Renaldo Balkman menjadi penyumbang angka terbanyak Puerto Riko lewat 14 poin dan 9 rebound, diikuti Huertas yang mencetak 10 poin.

Sebaliknya Mejri membukukan 14 poin dan 9 rebound, Omar Abada 14 poin, Michael Roll 13 poin, serta Makram Ben Romdhane 12 poin dan 9 rebound, tetapi gagal mengantarkan Tunisia menang ataupun lolos ke putaran kedua.

Tunisia selanjutnya akan melakoni laga klasifikasi pemeringkatan 17-32 di Grup N bersama Iran yang sudah dipastikan tak lolos ke babak kedua.

Kedua negara akan menghadapi dua tim yang juga tersingkir dari Grup D yakni Angola dan Filipina di Beijing.

Sumber : Bisnis Indonesia