Piala Dunia Basket, Cheska Sikat Turki 91-76

Pebasket Republik Cheska Ondrej Balvin (tengah) berusaha mengamankan bola di bawah kawalan dua pemain Turki Semih Erden (kiri) dan Ersan Ilyasova (kanan). - Reuters/Aly Song
06 September 2019 11:02 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Para pemain Republik Cheska tampil bak singa kala menerkam Turki 91-76 dalam laga terakhir penyisihan Grup E Piala Dunia Basket 2019 di Shanghai, China, Kamis (5/9/2019) malam WIB, kata sang pelatih kepala Ronen Ginzburg.

Kemenangan itu bukan saja menjadi tonggak keberhasilan Cheska menumbangkan tim yang lebih diunggulkan, tetapi juga mengantarkan mereka lolos ke putaran kedua dalam debutnya di panggung tertinggi basket dunia.

"Tim kami tampil sangat luar biasa. Mereka melakukan apa yang saya minta bahkan melampauinya. Mereka adalah sekawanan singa," kata Ginzburg seusai laga dilansir laman resmi Fédération Internationale de Basketball (FIBA).

"Kami akan merayakan kemenangan ini untuk waktu yang lama, baik saya, para pemain maupun negara kami."

Ginzburg menilai salah satu kunci kemenangan Cheska adalah keberhasilan mencegah Turki mengendalikan bola dan meredam serangan mereka.

"Pada akhirnya semua kembali ke hati mereka. Para pemain berjuang untuk negaranya, untuk bendera kebanggaan mereka dan melakukannya lewat pertarungan sengit," katanya.

Center Cheska Ondrej Balvin bangga karena berhasil mengantarkan negaranya melangkah ke putaran kedua Piala Dunia FIBA.

"Kami bahkan tampil tanpa salah satu pemain terbaik kami, Jan Vesely, saya tak bisa membayangkan sehebat apa penampilan kami jika ia hadir," ujarnya merujuk Vesely yang dipaksa absen dari China karena cedera.

"Kami menciptakan sejarah untuk negara kami dan rasanya luar biasa. Memahami dan memenuhi tanggung jawab membuat Anda bisa mengeluarkan kemampuan terbaik," kata Balvin.

Balvin menjadi salah satu penyokong kemenangan Cheska atas Turki lewat dwiganda 17 poin dan 11 rebound.

Sumber : Bisnis Indonesia