Menpora Minta Audisi PB Djarum Tetap Dilaksanakan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi - Antara/Reno Esnir
08 September 2019 19:37 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta audisi umum beasiswa bulu tangkis yang dilakukan oleh Djarum Foundation tetap dilanjutkan.

"Mestinya jalan terus karena tidak ada unsur eksploitasi anak. Bahkan audisi Djarum sudah melahirkan juara-juara dunia. Lagi pula olahraga itu butuh dukungan sponsor. Ayo lanjutkan," kata Menpora dalam akun media sosial Instagram resminya, Minggu (8/9/2019).

Orang nomor satu di Kemenpora itu mengaku akan membuat pernyataan resmi terkait polemik audisi umum beasiswa bulu tangkis tersebut.

"Bagaimana pendapat Anda tentang audisi Djarum Foundation?" tanya Iman Nahrawi.

Hingga pukul 17.00 WIB, laman instagram Menpora Imam Nahrawi dikomentari lebih dari 2.200 orang dan yang memberikan like menembus angka lebih dari 19 ribu.

Sebelumnya Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin menegaskan pihaknya menghentikan proses audisi umum beasiswa bulutangkis pada 2020 karena berbagai alasan dan bersifat final.

"Tahun 2019 ini akan menjadi audisi terakhir," katanya di sela audisi umum beasiswa bulu tangkis PB Djarum di GirSatria, Purwokerto, Jawa Tengah.

Menurut dia, keputusan itu diambil menyusul adanya permintaan dari kementerian/lembaga yang dimotori Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) agar Djarum Foundation menghentikan penggunaan anak sebagai media promosi citra merek dagang rokok Djarum melalui audisi beasiswa bulu tangkis.

Sementara, KPAI tidak meminta Djarum menghentikan audisi, tetapi meminta logo audisi diubah agar tidak sama persis dengan logo rokok Djarum. Unsur eksploitasi anak berbentuk logo Djarum yang berada di kaus peserta audisi yang bentuknya persis iklan berjalan.

Sumber : Antara