Indonesia Ikut 4 Cabor Lagi di SEA Games 2019

Pelatih anggar Verdiana Rihandini - Antara/Sigid Kurniawan
21 Oktober 2019 07:47 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kontingen Indonesia akan menambah keikutsertaan empat cabang olahraga (cabor) pada SEA Games Filipina 2019 November mendatang, kata Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di SEA Games 2019, Harry Warga Negara di Jakarta pada Minggu (20/10/2019).

Pada awalnya, kontingen Indonesia akan mengikuti 45 dari 56 cabor yang dipertandingkan pada pesta olahraga Asia Tenggara tersebut. Namun, empat cabor olahraga yakni anggar, underwater hockey, sailing, dan floor ball ingin bergabung memperkuat Kontingen Merah Putih dengan biaya sendiri.

Harry mengatakan pihaknya akan bertemu dengan Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan PMK, Nyoman Suwida di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Jakarta, Senin (21/10/2019) untuk melaporkan penambahan empat cabor baru yang akan diikuti tim Merah Putih di SEA Games.

"Saat menghadap Pak Nyoman Suwida, kami akan melaporkan adanya penambahan cabor dari 45 menjadi 49 cabor yang akan diikuti pada SEA Games Filipina 2019 sehubungan tambahan empat cabor mandiri atau dengan biaya sendiri yang ingin ikut memperkuat kontingen Indonesia,'' ujar Harry saat mengunjungi pelatnas golf di Emerald Golf Courses, National Golf Training Center Jl Cimanggis Boulevard, Tapos, Depok, Jawa Barat.

Selain penambahan cabor, pertemuan itu juga akan membahas mengenai masalah bonus apabila atlet mandiri berhasil meraih medali pada SEA Games Filipina 2019.

''Kita akan mengusulkan atlet mandiri untuk mendapatkan hak yang sama dalam masalah bonus jika mereka meraih medali SEA Games 2019 nanti,'' kata Harry.

Dia menuturkan penambahan cabor dan bonus bagi atlet mandiri itu juga akan dibicarakan dengan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Yuni Poerwanti yang dijadwalkan di Kantor Kemenpora pada Selasa (22/10/2019).

''Yang pasti, kita akan bahas bersama Kemenko PMK dan juga Kemenpora masalah penambahan maupun jaminan bonus atlet mandiri. Setelah rampung, nanti kita bisa memutuskan atau memfinalisasikan karena kita juga sedang mempertimbangkan masuknya Football putri untuk SEA Games," ucapnya.

Sumber : Bisnis Indonesia