SEA Games 2019: Optimisme Balap Sepeda Raih Tiga Emas di Filipina

Peluncuran logo SEA Games 2019 - 2019seagames.com
12 November 2019 22:57 WIB Jumali Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pematangan strategi dan persiapan teknis terus dilakukan oleh tim BMX yang memperkuat Merah Putih di ajang SEA Games 2019 di Filipina, 30 November-11 Desember 2019.

Pada ajang multievent tingkat Asia Tenggara ini, BMX ditargetkan mempu meraih satu emas dari total 3 emas di cabang olahraga balap sepeda.

Pelatih BMX Nur Wasito mengatakan, sejatinya target emas yang dibebankan oleh PB ISSI adalah dua emas. Namun, melihat potensi yang ada, pihaknya optimistis mampu memberi 3 emas. Adapun nomor yang diprediksi meraih emas, adalah BMX, MTB (downhill dan cross country), dan cross country.

“Untuk persiapan awal, kami telah melakukan try out ke Perancis sama ke China,” terang pelatih asal Jogja ini, Selasa (12/11/2019).

Nur Wasito memperkirakan, pesaing terketat pada ajang SEA Games kali ini berasal dari tuan rumah Filipina.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), Raja Sapta Oktohari, mengatakan ada perubahan target yang dibebankan pada SEA Games 2019. Jika sebelumnya para atlet hanya ditargetkan membawa pulang dua medali emas. Namun, setelah melihat penampilan atlet balap sepeda gunung (MTB), Zaenal Fanani meraih juara di Cross Country Olympic C3 2019, maka PB ISSI optimistis, balap sepeda mampu mengumpulkan tiga emas.

"Kami cukup percaya diri sepeda bisa dapat tiga. Kan ada Zaenal," ungkap Raja.