Nadal Ikuti Jejak Djokovic Tersingkir dari Tenis ATP Finals

Petenis Jerman berdarah Rusia, Alexander Zverev. - Reuters
16 November 2019 15:02 WIB M. Syahran W. Lubis Olahraga Share :

Harianjogja,com, JAKARTA – Juara bertahan Alexander Zverev (Jerman) menaklukkan Daniil Medvedev (Rusia) dalam pertandingan terakhir Grup Andre Agassi untuk membuat sia-sia kemenangan Rafael Nadal (Spanyol) atas Stefanos Tsitsipas (Yunani) di turnamen tenis ATP Finals.

Bertarung di O2 Arena di London, Inggris, pada Sabtu (16/11/2019) pagi WIB, Zverev, yang berpaspor Jerman tetapi berdarah Rusia, menundukkan Medvedev 6–4 7–6(7–4).

Hasil tersebut membuat percuma kemenangan Nadal, unggulan teratas di turnamen ini, beberapa jam sebelumnya atas Tsitsipas, yang sebelum laga dimulai sudah lolos ke semifinal, dengan skor 6–7(3–7), 6–3, 7–6(7–4).

Dua pertandingan terakhir Grup Andre Agassi itu membuat Tsitsipas, Zverev, dan Nadal sama-sama mencatat dua kemenangan di fase grup, tetapi Nadal tersingkir karena berada di urutan terakhir di antara ketiga penetis dalam perhitungan set kemenangan dan kekalahan.

Tsitsipas menjadi yang terbaik dengan memenangi liam set berbanding dua set kekalahan, sedangkan Zverev 4 – 2 dan Nadal 4 – 4. Dengan demikian, Tsitsipas yang finis sebagai juara Grup Andre Agassi dan Zverev sebagai runner-up lolos ke semifinal.

Semifinal pertama Tsitsipas melawan Roger Federer, runner-up Grup Bjorn Borg, dijadwalkan berlangsung pada Sabtu ini mulai pk. 21.00 WIB, sedangkan semifinal kedua antara Zverev dan Dominic Thiem, juara Grup Bjorn Borg, digelar pada Minggu (17/11/2019) mulai pk. 03.00 WIB.

Turnamen ATP (Association of Tennis Professionals) Finals diikuti delapan petenis putra dengan prestasi terbaik sepanjang tahun. Juara bertahan saat ini adalah Zverev setelah di final 2018 menaklukkan Novak Djokovic.

Djokovic pada edisi tahun ini kandas di fase grup. Petenis berkebangsaan Serbia itu kalah bersaing dengan Thiem dan Federer di Grup Bjorn Borg.

Sumber : Bisnis Indonesia